Berita Dunia Islam Terdepan

Pakistan menangkap komandan operasi senior Al Qaeda?

0

ISLAMABAD (Arrahmah.com) – Pasukan keamanan Pakistan mengklaim telah menangkap komandan operasi senior Al Qaeda bernama Muhammad Ali Qasim Yaqub alias Abu Sohaib Al Makki di kota pelabuhan selatan Karachi, kata militer, dikutip AFP, Rabu (18/5/2011).

“Menurut penyelidikan awal, Al Makki merupakan pria berkewarganegaraan Yaman dan telah bekerja langsung di bawah pimpinan Al Qaeda di sepanjang perbatasan Pakistan-Afghanistan,” klaim sayap media militer Pakistan.

“Penangkapan Al Makki merupakan perkembangan utama dalam mengungkap operasi jaringan Al-Qaeda di kawasan tersebut,” katanya.

Penangkapan ini mengikuti operasi rahasia AS di kota Abbottabad pada tanggal 2 Mei yang menewaskan pemimpin Al Qaeda Syaikh Usamah bin Laden, dan datang sehari setelah senator AS John Kerry mengunjungi Pakistan dalam rangka melakukan ‘pengarahan baru’ pasca serangan Abbottabbad.

Al Makki, lansir AFP, tampaknya tidak ada dalam daftar anggota Al Qaeda internasional yang paling dicari, tetapi pernyataan militer menyebutkan jaringannya beroperasi di wilayah tersebut.

Penangkapan ini pun terjadi setelah setelah tewasnya seorang diplomat Arab Saudi dalam hujan peluru ketika melakukan perjalanan menuju konsulat Saudi di Karachi.

Menteri Dalam Negeri Pakistan, Rehman Malik, menuding Al Qaeda ada di balik serangan kedua terkait dengan kepentingan Saudi di kota terbesar di Pakistan itu dalam waktu kurang dari seminggu.

Taliban Pakistan membantah telah melakukan aksi pembunuhan itu dan pihak berwenang mengatakan mereka sedang menyelidiki kemungkinan keterkaitan dengan kelompok sektarian atau kematian Syaikh Usamah bin Laden.

Menanggapi hal tersebut, pemerintah di Riyadh, yang bersekutu dengan pihak berwenang di Islamabad, pekan lalu menyambut baik usaha pembunuhan Syaikh Usamah dan menyebutnya sebagai keberhasilan serta dorongan untuk terus melakukan upaya internasional menangani ‘terorisme’. (althaf/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...