Berita Dunia Islam Terdepan

ICC sedang susun perintah penangkapan Gaddafi

0

DEN HAAG (Arrahmah.com) – Jaksa Pengadilan Pidana Internasional (ICC) mengatakan pada Senin (16/5/2011) bahwa ia telah meminta surat perintah penangkapan untuk pemimpin diktator Libya, Muammar Gaddafi, putranya Saif al-Islam, dan kepala mata-mata negara itu atas tuduhan kejahatan terhadap kemanusiaan.

Jaksa ICC, Luis Moreno-Ocampo, mengatakan awal bulan ini ia akan mencari tiga surat perintah penangkapan dalam kasus pembunuhan demonstran di Libya mengikuti rujukan Dewan Keamanan PBB bulan Februari lalu.

Surat ini sudah lama ditunggu-tunggu oleh dunia internasional. Namun, Moreno-Campo menyatakan bahwa ia butuh waktu untuk menyusun satu lagi surat untuk menangkap kepala intelijen Libya, Abdullah al-Senussi.

“Kantor mengumpulkan bukti langsung tentang perintah yang dikeluarkan oleh Muammar Gaddafi sendiri, bukti langsung dari Saif al-Islam yang mengatur rekrutmen tentara bayaran, dan bukti langsung dari keterlibatan al-Senussi dalam serangan terhadap demonstran,” kata Moreno-Ocampo pada ICC .

Dia menambahkan kantor Jaksa juga mendokumentasikan tiga pertemuan rahasia yang digunakan Gaddafi untuk merencanakan operasi dan kejahatannya di Libya. (althaf/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...