Berita Dunia Islam Terdepan

Presiden Palestina: “Darah bangsa Arab yang tumpah karena tentara Israel tak akan sia-sia”

3

RAMALLAH (Arrahmah.com) – Dalam pidato yang disampaikan pada Minggu (15/5/2011) oleh Presiden Palestina Mahmoud Abbas pada saat terjadinya demonstrasi memperingati Nakba. Abbas mengatakan bahwa darah bangsa Arab yang tumpah oleh tentara Israel tidak akan sia-sia.

Abbas menyampaikan pernyataan itu dalam pidatonya yang disiarkan televisi pada saat orang-orang Palestina dan Arab berdemonstrasi di wilayah-wilayah Palestina dan di perbatasan Israel dengan Suriah serta Libanon, untuk menandai ulang tahun ke-63 Nakba, atau ‘Malapetaka’, istilah yang mereka gunakan untuk merujuk kepada penciptaan Israel pada tahun 1948 dan yang mengakibatkan orang-orang Palestina terusir dari kampung halaman mereka sendiri.

Sekitar 12 orang tewas di perbatasan Suriah dan Libanon ketika pasukan Israel melepaskan tembakan kepada demonstran yang memanjat pagar untuk memasuki Israel.

“Darah mereka tidak pergi dengan sia-sia, Darah mereka ditumpahkan demi kebebasan dan hak-hak rakyat Palestina ” ucap Abbas, seperti dilaporkan Xinhua-OANA.

Abbas menyerukan solusi bagi konflik Israel-Palestina yang akan menjamin hak-hak para pengungsi Palestina untuk kembali ke tanah airnya dan ini sesuai dengan resolusi Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB).

Sementara itu situs Antara menulis, di Damaskus, Suriah mengutuk kejahatan yang dilakukan Israel terhadap rakyat di Dataran Tinggi Golan, wilayah Palestina dan Lebanon selatan, serta mendesak masyarakat internasional agar Israel bertanggung jawab penuh atas tindakan itu.

Minggu (15/5) ratusan orang Palestina berusaha untuk menyeberangi garis pemisah antara Israel dan Suriah ketika mereka ditembaki serdadu Israel. “Gerakan Rakyat” tersebut adalah hasil dari pengabaian Israel terhadap resolusi internasional, terus berlanjut dengan perampasan tanah dan hak-hak, penghindaran dari prasyarat perdamaian yang adil dan komprehensif mereka, kata SANA mengutip pernyataan Kementerian Luar Negeri Suriah.

Menurut SANA, dua warga Palestina tewas dan 72 lainnya luka-luka dalam serangan tentara negara Yahudi itu terhadap warga Arab yang memperingati Hari Nakba di Desa Eid El-Tina di sisi Suriah di perbatasan Suriah-Israel, dan di Desa Syams Majdal di Golan yang dicaplok Israel. (rasularasy/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...