Berita Dunia Islam Terdepan

AS ancam Pakistan akan memotong bantuan finansial

0

WASHINGTON (Arrahmah.com) – Ketua Senat AS Komite Hubungan Luar Negeri, John Kerry telah memperingatkan bahwa Washington dapat memotong bantuan keuangan untuk Pakistan di tengah ketegangan antara kedua belah pihak yang kini terjadi.

“Sudah bukan rahasia lagi bahwa telah ada anggota kongres yang menyeru untuk perubahan dalam program bantuan,” ujar Kerry seperti yang dilaporkan Associated Press.

Kemarahan tengah berjalan sangat tinggi di kalangan rakyat Pakistan setelah pemerintah AS melancarkan serangan tidak sah di wilayah Pakistan yang diduga telah membunuh amir Al Qaeda Syaikh Usamah bin Ladin rahimahullah.

Washington menuduh pasukan keamanan Pakistan dan agen intelijen telah melindungi Syaikh Usamah yang telah tinggal selama “beberapa tahun” di dalam sebuah kamp di kota Abbottabad yang berjarak hanya skeitar 50 Km dari ibukota, Islamabad.

Kerry mengatakan bahwa peristiwa baru-baru ini memiliki dampak yang mendalam pada hubungan antara AS dan Pakistan.

Para senator AS membuat pernyataan di Afghanistan sebelum melakukan perjalanan ke Pakistan. 

Ia dijadwalkan untuk mengunjungi pejabat Pakistan atas serangan terhadap syaikh Usamah di wilayah kedaulatan Pakistan serta serangan tidak sah drone AS yang telah menewaskan ribuan sipil Pakistan.

Anggota parlemen Pakistan baru-baru ini mengutuk serangan terbaru AS yang disebut-sebut telah menewaskan Syaikh Usamah bin Ladin rahimahullah, memperingatkan bahwa jika mereka mengulangi tindakan serupa, maka bisa memiliki “konsekuensi mengerikan bagi perdamaian dan keamanan di kawasan dan dunia.”  Dan AS menjawabnya dengan, akan memotong bantuan keuangan untuk Pakistan.  (haninmazaya/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...