Berita Dunia Islam Terdepan

Utusan Timur Tengah Obama mengundurkan diri

1

WASHINGTON (Arrahmah.com) –  Barack Obama mengatakan utusan AS untuk Timur Tengah, George Mitchel telah mengundurkan diri, meski demikian Obama tetap  menegaskan kembali komitmen Amerika Serikat untuk “menempa perdamaian” antara Israel dan Palestina.

“Pada dua setengah tahun terakhir, George Mitchell telah bekerja sebagai penasehat yang tak mengenal lelah bagi perdamaian sebagai utusan khusus AS untuk Timur Tengah,” kata Obama.

Obama menyatakan, pada 2009 Mitchell telah menyetujui memegang jabatan itu selama dua tahun, dan pada kenyataannya telah menjabat lebih lama, meskipun ada frustrasi yang mendalam atas macetnya upaya perdamaian Israel-Palestina.

Obama juga  mengatakan bahwa Menteri Luar Negeri Hillary Clinton telah meminta wakil utusan Timur Tengah David Hale untuk sementara mengambilalih fungsi Mitchell.

Pengunduran diri Mitchell itu terjadi sebelum pidato Obama yang diperkirakan akan menjelaskan strategi Timur Tengahnya yang baru dan kunjungan PM Israel Benjamin Netanyahu ke Gedung Putih, demikian tulis Antara.

Mitchell, 77 tahun, mantan senator AS yang telah menjadi perantara perjanjian damai Irlandia Utara, adalah satu dari anggota pertama tim kebijakan luar negeri Obama yang diumumkan dan telah melakukan perjalanan di berbagai ibu kota Timur Tengah untuk mengupayakan pembicaraan baru.  (rasularasy/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...