Berita Dunia Islam Terdepan

AS keluarkan dana 750 juta dolar karena Libya

1

WASHINGTON (arrahmah.com) – Menteri Pertahanan (Menhan) Amerika Serikat Robert Gates, Kamis (12/5/2011), mengatakan bahwa Amerika Serikat telah mengeluarkan dana hingga 750 juta dolar untuk biaya perang udara di Libya.

“Mungkin pada saat ini 750 juta dolar kurang lebih seharga satu lapangan baseball,” kata Gates kepada para marinir Amerika di pangkalan Camp Lejeune, di Carolina Utara.

Pihak Pentagon sebelumnya memperkirakan operasi militer itu menelan biaya 604 juta dolar AS sejak awal serangan udara internasional pada 19 Maret hingga 4 April 2011. Para pejabat Amerika juga memperkirakan bahwa biaya operasi militer itu akan menelan sekitar 40 juta dolar AS per bulannya.

Angka ini dikutip oleh Gates yang menyatakan biaya perang itu mungkin naik lebih tinggi daripada yang diantisipasi namun Pentagon berkeras bahwa hal itu tidak terjadi.

“Jumlahnya tidak lebih tinggi dari yang diperkirakan. Kami masih berada di jalur,” kata jurubicara Pentagon Kolonel Dave Lapan seperti yang dikutip Antara.

Sejak awal April, Amerika Serikat telah mengambil peran pendukung dalam kampanye yang dipimpin NATO, dengan menyediakan kapal tanker pengisian bahan bakar dan pesawat pengintai tetapi bukan jet tempur.

Dimulai pada 21 April, Amerika Serikat juga menyediakan dua pesawat tak berawak Predator untuk bergabung dalam serangan udara terhadap rezim Muammar Qaddafi.  (rasularasy/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...