Berita Dunia Islam Terdepan

Suriah bebaskan 300 aktivis

2

AMMAN (Arrahmah.com) – Pasukan Suriah membebaskan 300 orang yang telah ditangkap di Banias sejak tank menyerbu daerah permukiman di kota pantai tersebut pekan lalu, demikian pernyataan kelompok Pengamat Urusan Hak Asasi Manusia Suriah pada Selasa (10/5/2011).

Seorang pengacara kelompok HAM Michel Sammas, juga mengatakan bahwa pemerintah Suriah telah membebaskan enam tokoh oposisi termasuk lima yang ditangkap dalam penindasan terhadap demonstran termasuk tiga tokoh oposisi — pengarang Fayez Sara, pemimpin partai komunis Georges Sabra dan aktivis Kalam Sheikho.

Pemerintah Suriah menyatakan ancaman terhadap Presiden Bashar al-Assad dari tujuh pekan kerusuhan mulai reda saat pasukan keamanan memperketat kendali atas daerah bergolak di seluruh negeri tersebut.

Namun aktivis HAM Suhair al-Atassi mengatakan dari Damaskus, ibu kota Suriah bahwa “Rejim ini menghadapi kekalahan dalam permainan dengan mengirim tank ke berbagai kota besar dan mengepungnya. Rakyat Suriah telah menghadapi tumpahnya darah teman sekampung mereka”.

Terhitung sejak awal gerakan protes anti pemerintah, kelompok HAM mengatakan bahwa sebanyak 600 dan 700 orang telah tewas dan sedikitnya 8.000 orang ditangkap.   (rasularasy/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...