Berita Dunia Islam Terdepan

Liga Arab menunda KTT hingga Maret 2012

0

KAIRO (Arrahmah.com) – Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Liga Arab ditunda satu tahun hingga Maret 2012 dengan alasan bahwa politik Dunia Arab sedang tidak stabil, meskipun tidak ada perubahan mengenai tempat yang sudah direncanaka sebelumnya (di Irak), Liga Arab menyatakan, dilansir Al Masry Al Youm pada Kamis (5/5/2011).

Tingging gelombang demonstrasi di dunia Arab telah mendesak pada pemimpin Arab, yakni Tunisia dan Mesir, serta menantang penguasa lainnya di wilayah Arab lainnya di Timur Tengah.

Para pemimpin negara-negara Arab itu seharusnya bertemu di ibukota Irak, Baghdad, pada bulan Maret lalu untuk membahas kerusuhan yang populer di kawasan tersebut.

Negara-negara Arab Teluk meminta untuk membatalkan KTT Liga tahun ini setelah Irak mengkritik tindakan keras terhadap para demonstran Bahrain Syiah, menteri luar negeri Bahrain mengatakan.

Sekretaris Liga Arab, Jenderal Amr Moussa, mengatakan jadwal baru ini telah dikomunikasikan kepada seluruh anggota Liga Arab dan telah ada kesepakatan di antara mereka.

Saat ditanya tentang alasan untuk penundaan ini, Moussa mengatakan: “Keputusan ini berdasarkan permintaan formal dari pemerintah Irak.”

Dalam sebuah pernyataan, Liga Arab berdalih bahwa pihaknya akan menjamin hasil yang signifikan bagi Dunia Arab melalui penundaan tersebut. (althaf/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...