Berita Dunia Islam Terdepan

Foto mayat Syaikh Usamah terlalu mengerikan untuk dipertontonkan, kilah AS

1

WASHINGTON (Arrahmah.com) – Pemerintahan Obama berkilah untuk mempublikasikan foto jasad Syaikh Usamah bin Ladin, dengan menyatakan bahwa foto tersebut terlalu mengerikan untuk dipertontonkan ke khalayak ramai, lansir Reuters pada Selasa (3/5/2011).

Direktur CIA, Leon Panetta, menegaskan serta meyakinkan bahwa foto tewasnya pemimpin Al Qaeda itu akan dirilis ke publik suatu saat nanti.

Namun, perdebatan internal yang intens sedang berlangsung antara Kongres dengan Gedung Putih. Gedung Putih bersikeras bahwa pihaknya belum mengambil keputusan.

“Foto itu terlalu mengerikan,” kata juru bicara Gedung Putih, Jay Carney, yang dimaksudkan pada foto Syaikh Usamah bin Ladin yang diklaimnya diambil sesaat setelah tim pasukan khusus AS membunuhnya di salah satu kompleks di Pakistan.

“Jujur, ada sejumlah sensitifitas dalam hal ini.”

Namun beberapa kritikus mengatakan foto tersebut sangat tidak menyenangkan dan jika pemerintahan Obama merilisnya, foto-foto itu bisa menyinggung perasaan kaum Muslim dan dimanfaatkan oleh ‘ekstrimis’.

“Apa yang tidak ingin kami lakukan adalah untuk melepaskan sesuatu yang mungkin akan disalahartikan atau yang akan menimbulkan masalah lain bagi kami,” kata penasihat kontra-terorisme presiden Barack Obama, John Brennan, berbicara pada National Public Radio. (althaf/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...