Utusan khusus AS kunjungi Afghanistan, Pakistan, India, dan Arab Saudi

11

WASHINGTON (Arrahmah.com) – Utusan khusus AS perwakilan Afghanistan dan Pakistan, Marc Grossman, mulai melakukan kunjungannya ke dua  negara partner AS itu juga ke India dan Arab Saudi, Deplu AS melaporkan, dikutip AFP pada Kamis (28/4/2011).

Kunjungan ini akan menjadi yang pertama bagi Grossman, yang berangkat dair Washington pada hari Rabu (27/4), sejak dia menggantikan Richard Holbrooke.

“Dalam semua pertemuan di wilayah tersebut, Grossman akan menekankan komitmen AS dalam menjalin hubungan jangka panjang serta kemitraan yang abadi dengan Afghanistan dan Pakistan,” kata departemen.

“Di Kabul dan Islamabad, Grossman akan bertemu dengan pejabat senior pemerintah, parlemen, dan perwakilan dari masyarakat sipil dan media lokal,” kata departemen.

Ia juga akan bertemu dengan pihak-pihak yang akan duduk bersama dalam DIalog Strategis AS-Pakistan untuk membicarakan persiapan konsultasi putaran berikutnya, katanya.

“Di Riyadh, Grossman juga akan bertemu dengan pejabat senior pemerintah.”

Sebuah dokumen Departemen Luar Negeri dari Februari 2010 yang dirilis oleh WikiLeaks akhir tahun lalu mengatakan Arab Saudi telah membantu dalam negosiasi AS dengan Taliban di Afghanistan.

Kabel diplomatik AS lainnya dirilis oleh WikiLeaks mengatakan Arab Saudi juga merupakan sumber utama pendanaan bagi kelompok-kelompok radikal termasuk Al-Qaeda, Taliban, Lashkar-e-Taiba di Pakistan, dan Hamas di Gaza.

Kunjungan Grossman ini dilakukan bersamaan dengan tindakan Presiden Barack Obama untuk menyusun tim keamanan nasional dengan menunjuk Kepala CIA Leon Panetta sebagai sekretaris pertahanan, dan Jenderal David Petraeus, komandan pasukan di Afghanistan, sebagai kepala CIA. (althaf/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...

Comments are closed.