Berita Dunia Islam Terdepan

Pengguna ponsel dipantau diam-diam

0 3

JAKARTA (Arrahmah.com) – Setelah iPhone keluaran Apple dikabarkan diam-diam merekam informasi lokasi keberadaan penggunanya, aksi itu ternyata juga dilakukan juga oleh ponsel lain dengan sistem operasi Android Google.

Demikian terungkap dari hasil penelitian analis keamanan Samy Kamkar. Dalam laporan itu disebutkan bahwa iPhone dan ponsel Android secara rutin mengirim data tersebut ke Apple dan Google. Data ini selanjutnya digunakan untuk keperluan database yang membantu mereka dalam meraup pasar layanan berbasis lokasi.

Dilansir Wall Street Journal dan dikutip detikINET, Senin (25/4/2011), Kamkar yang menggunakan ponsel HTC Android dalam penelitiannya, memaparkan bahwa ponsel tersebut mengirimkan informasi beberapa kali setiap jamnya setelah mengumpulkan data pengguna setiap beberapa detik.

Baik Google maupun Apple belum mau berkomentar mengenai hal ini. Dalam laporan itu juga disebutkan bahwa iPhone dan ponsel Android mengirimkan informasi mengenai jaringan internet wireless di suatu wilayah.

Sementara iPhone, menurut analisa Kamkar, mengirimkan data tentang lokasi pengguna dan jaringan Wifi yang digunakannya untuk perusahaan Steve Jobs ini setiap 12 jam sekali. (dtk/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...
Comments
Loading...