BBC puji dokumenter kekejaman Israel

0 6

LONDON (Arrahmah.com) – Sebuah film BBC tentang flotilla bantuan Gaza tahun lalu dipuji oleh The Trust, meskipun melanggar garis pedoman. BBC Trust telah memutuskan bahwa dokumenter Panorama tentang penyerangan Israel terhadap Mavi Marmara secara keseluruhan akurat dan tidak berpihak, meskipun memang melanggar garis panduan editorial.

Alison Hastings, ketua komite standar editorial BBC Trust, meminta maaf untuk tiga pelanggaran akurasi dan ketidakberpihakan, dari 51 poin yang diperoleh dalam keluhan, tapi memuji korporasi itu untuk karya jurnalisme yang orisinil, penuh wawasan, dan diteliti dengan baik.

Panorama : Death in the Med, yang disajikan oleh Jane Corbin dan ditayangkan BBC1 di bulan Agustus, melihat penyerangan kontroversial oleh pasukan Israel terhadap Mavi Marmara, yang merupakan bagian dari sebuah flotilla yang berupaya mendobrak blokade laut Israel atas Gaza. Sembilan orang dari flotilla tewas dalam konfrontasi yang terjadi, dan sejumlah tentara Israel juga terluka.

Panorama juga ditemukan oleh BBC Trust telah melanggar garis panduan ketidakberpihakan dengan tidak memverifikasi bahwa tentara Israel merawat dengan baik mereka yang terluka menyusul tuduhan perlakuan buruk oleh beberapa korban.

Tahun lalu, puluhan orang yang dipimpin oleh para aktivis yag turut serta dalam armada kapal bantuan kemanusiaan menuju Gaza berkumpul untuk menunjukkan solidaritas terhadap Palestina. Mereka berkerumun di depan markas besar British Broadcasting Corporation (BBC) di London.

Aksi tersebut dilakukan menyusul penayangan Death in the Med. Para pengunjuk rasa mengatakan bahwa program tersebut merupakan salah satu alat propaganda untuk menutup-nutupi pembantaian Israel di atas kapal Mavi Marmara.

Death in the Med mendapatkan respon 2,000 telepon ke BBC. Dari mereka yang mengekspresikan opini tentang program tersebut, 72% bersifat negatif, meskipun seperempat dari mereka adalah bagian dari lobi yang diorganisir oleh website Kampanye Solidaritas Palestina, menurut BBC. Selanjutnya, 19 keluhan diserahkan kepada komite standar editorial BBC Trust.

Keluhan pada tiga point itu diperkuat oleh The Trust, dua terkait pelanggaran terhadap garis panduan editorial BBC mengenai akurasi dan satu pelanggaran terkait ketidakberpihakan.

Pelanggaran akurasi terkait kegagalan untuk menyertakan laporan otopsi awal tentang bagaimana para aktivis tewas dan detail lebih jauh tentang sifat bantuan untuk Gaza yang dibawa oleh flotilla.

Para aktivis solidaritas Palestina dibuat geram dengan penolakan BBC mengakui sikap bias terang terangan dalam program tersebut.

Kantor berita BBC mengklaim bahwa program itu akan menunjukkan “apa yang sebenarnya terjadi” kepada pemirsa saat para prajurit IDF menyerbu kapal Mavi Marmara dan membantai sembilan orang aktivis yang berusaha membongkar blokade Gaza.

Tapi, kenyataannya para pemirsa justru disuguhi tayangan tidak akurat dan rekaman video palsu, hal itu membuat mereka memprotes Panorama. (m1/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...

Leave A Reply

Your email address will not be published.