Afghanistan-Pakistan, kerja sama perdamaian

0 6

KABUL (Arrahmah.com) – Pakistan dan Afghanistan pada Sabtu (16/4/2011) menyepakati kerja sama dalam mewujudkan proses rekonsiliasi, termasuk di dalamnya mengenai penarikan pasukan asing dari negeri yang dilanda peperangan tersebut.

Perdana menteri Pakistan, SYed Yusuf Raza Gilani, dan presiden Afghanistan, Hamid Karzai, menggambarkan pertemuan ini sebagai pertemuan yang “bersejarah” dengan mengatakan bahwa “kedua negara berdiri bersama karena mereka telah berbagi nasib.”

Gilani bersama Presiden Karzai, Ketua Profesor Burhanuddin Rabbani dan anggota Dewan Tinggi Perdamaian, telah sepakat untuk membentuk dua tingkat Komisi Bersama Afghanistan-Pakistan untuk memfasilitasi dan mempromosikan rekonsiliasi dan perdamaian.

Pada tingkat pertama dari komisi ini akan menyertakan ketua eksekutif, menteri luar negeri, bersama dengan para kepala pelayanan militer dan intelijen dari kedua negara sementara lapis kedua akan terdiri dari para pejabat senior kementerian luar negeri, militer, dan badan intelijen.

“Saya telah meyakinkan Presiden Karzai bahwa Pakistan sangat mendukung proses rekonsiliasi dan perdamaian Afghanistan,” kata Gilani.

Dia juga memberikan dukungan penuh dari pemerintah Pakistan terhadap upaya Presiden Karzai dan Dewan Tinggi Perdamaian, untuk memulai proses rekonsiliasi nasional yang memungkinkan setiap elemen Afghanistan berperan dalam menjalankan proses perdamaian di masa depan dan stabilitas di negara mereka.

“Kami yakin bahwa proses ini harus didukung penuh oleh Afghanistan,” kata Gilani.

Dia pun mengatakan bahwa pemulihan stabilitas dan perdamaian di Afghanistan sangat penting bagi perdamaian, keamanan, dan kesejahteraan rakyat Pakistan.

Ketika ditanya apakah Amerika Serikat (AS) terlibat dalam pembicaraan Pak-Afghanistan, Gilani mengatakan “AS adalah terlibat dalam perkaraini.

Sementara itu, Karzai mengakui bahwa akan berkonsultasi dengan Amerika Serikat dalam hal ini.

Dia mengatakan Pakistan peran sebagai fasilitator juga penting dan menambahkan bahwa sikap Gilani merupakan “perubahan mendasar” dari Pakistan dibandingkan pandangan Pakistan di masa lalu.

“Kami saat ini memiliki kejelasan, yang tidak pernah ada sebelumnya,” kata Karzai.

Mengenai peranan Amerika Serikat di Afghanistan, Gilani pun mengatakan “apa pun kebijakan AS untuk Afghanistan, Pakistan akan mendukung Afghanistan.” (althaf/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...

Leave A Reply

Your email address will not be published.