Serangan bunuh diri tewaskan sesepuh adat di Provinsi Kunar

0 7

KUNAR (Arrahmah.com) – Sebuah serangan bunuh diri telah menghantam pertemuan para tetua suku di distrik Asmar, wilayah timur provinsi Kunar, Afghanistan, menewaskan 10 orang termasuk petinggi suku, ujar kementrian dalam negeri.

“Serangan bunuh diri menargetkan pertemuan para tetua suku di distrik Asmar hari ini (13/4/2011),” ujar Zemarai Bashary, juru bicara kementrian dalam negeri seperti yang dilaporkan AFP.

“Sepuluh orang tewas dan tujuh terluka.”

Juru bicara itu mengatakan pemimpin suku yang terbunuh adalah kunci sesepuh lokal pro-pemerintah.

Mohammad Shoaib, kepala kepolisian distrik mengatakan bomber meledakkan dirinya setelah mendekati Zarin Malik, seorang ketua suku dan mantan komandan militer, untuk memeluknya dan mengucapkan salam.

“Penyerang bunuh diri mendekati mereka, memeluk Malik Zarin dan kemudian meledakkan bahan peledak yang diikatkan ke tubuhnya,” ujar Shoaib.

Mujahidin Imarah Islam Afghanistan membantah berada di balik serangan.  Namun kepolisian memggiring opini untuk menyudutkan Mujahidin.  Disebutkan bahwa Taliban sering menargetkan tokoh pro-pemerintah sebagai bagian dari kampanye mereka selama 10 tahun melawan pasukan pemerintah dan pasukan asing di Afghanistan.

Kunar merupakan salah satu provinsi yang paling bergolak di Afghanistan dan berbatasan dengan Pakistan, di mana pihak asing meyakini para Mujahidin memiliki basis di sana.  (haninmazaya/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...

Leave A Reply

Your email address will not be published.