Berita Dunia Islam Terdepan

India dan Pakistan diskusikan ekstrimisme?

0 2

NEW DELHI (Arrahmah.com) – Sejumlah pejabat tinggi dari India dan Pakisan bertemu di New Delhi pada Senin (28/3/2011) untuk mendiskusikan agenda kontra-terorisme dan serangan Mumbai 2008 sebagai salah satu usaha baru memajukan proses perdamaian di antara kedua negara.

Menteri dalam negeri kedua negara juga berbicara mengenai perdagangan obat-obatan terlarang selama dua hari pembicaraan yang menandai momentum baru relasi kedua negara.

India dan Pakistan akan bertemu di semi final Piala Dunia Kriket pada Rabu mendatang dalam sebuah pertemuan pemantik yang dinyatakan oleh Perdana Menteri India Manmohan Singh sebagai kesempatan besar untuk memperbaiki hubungan.

Singh telah mengundang rekannya dari Pakistan, Yousuf Raza Gilani, untuk menonton permainan tersebut. Jamuan ini menjadi pertemuan langka antara kedua pemimpin, yang terakhir duduk bersama dalam sebuah pertemuan di Bhutan pada bulan April tahun lalu.

Diskusi yang dilakukan pada hari Senin (28/3) antara menteri dalam negeri India GK Pillai dan rekannya dari Pakistan Chaudhary Qamar Zaman diperkirakan akan berfokus pada serangan Mumbai tahun 2008, yang pelakunya diklaim berasal dari Pakistan.

Bulan lalu, kedua negara mengumumkan mereka akan melanjutkan dialog damai formal dengan maksud untuk menyelesaikan semua masalah yang terjadi di antara India dan Pakistan, termasuk mengenai persoalan Kashmir.

Sementara itu, menteri luar negeri Pakistan, Shah Mehmood Qureshi, diperkirakan akan mengunjungi India pada bulan Juli untuk meninjau kemajuan dalam proses dialog. (althaf/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...
Comments
Loading...