Berita Dunia Islam Terdepan

Usai rumor Tsunami, guncangan gempa panikkan warga Sukabumi

0 1

SUKABUMI (Arrahmah.com) – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melaporkan gempa bumi berskala 5,3 skala richter melanda barat daya Sukabumi, Jawa Barat. Walau berada di dasar laut, gempa dipastikan tidak berpotensi tsunami

Gempa bumi tersebut terjadi pada kedalaman 10 kilometer dengan lokasi pusat germpa berada di laut berjarak 113 kilometer barat daya Sukabumi, Jawa barat. “Tidak ada potensi tsunami,” ujar Petugas Pusat Gempa Nasional Jabar seperti yang dilansir VIVAnews, di Jakarta, Minggu (20/3/2011).

Catatan BMKG menunjukkan, gempa berkekuatan 5,3 SR tersebut terjadi pada pukul 08.20.13 WIB. Lokasi gempa tercatat berada di 7.93 derajat lintang selatan dan 106,79 derajat bujur timur.

Jabar mengatakan, BMKG sampai saat ini menerima laporan gempa yang melanda Sukabumi kali ini dapat dirasakan getarannya hingga Pangandaran, Ciamis, dan Bogor. “Sampai sekarang baru dua kota itu yang melaporkan,” katanya.

BMKG memastikan gempa Sukabumi kali ini tak ada kaitannya dengan gempa melanda Jepang beberapa waktu lalu. Sabuk gempa antara Sukabumi dan Jepang berbeda.

Pepen Efendi, Petugas BMKG Bandung menyebutkan sumber gempa berada di lokasi yang selama ini memicu gempa di wilayah itu yakni 113 kilometer barat daya Sukabumi. Titik tersebut merupakan lokasi tumbukan lempeng Indoaustronesia dengan lempeng Indoeuronesia yang cukup aktif.

“Titik tersebut cukup aktif terjadi tumbukan, namun lokasinya beda dengan pusat gempa di laut lepas Tasikmalaya,” kata Pepen menambahkan.

Wilayah Jawa Barat merupakan jalur rawan bencana alam gempa bumi, terakhir gempa bumi berkekuatan tinggi terjadi pada 9 September 2009 yang mengakibatkan kerusakan di sejumlah daerah di Jabar Selatan. (SM/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...