Berita Dunia Islam Terdepan

Tokoh oposisi Mesir Elbaradei dilempari batu?

0 2

KAIRO (Arrahmah.com) – Tokoh oposisi terkenal Mesir Mohammed ElBaradei Sabtu (19/3/2011) diserang dengan lemparan batu dan bata dari kerumunan orang ketika dia tiba di tempat pemungutan suara untuk amendemen konstitusi di Kairo.

Orang banyak berteriak, “Kami tidak inginkan anda” ketika Baradei keluar dari mobilnya di sebuah TPS di daerah Mokatam El di ibu kota, kata saksi mata kepada Xinhua.

Orang-orang kemudian melemparkan batu kepadanya saat ia mundur ke dalam mobilnya. Dia pergi tanpa memberikan suaranya.

Baradei, yang berniat akan mencalonkan diri pada pemilihan presiden, mengatakan dia akan memilih menentang amandemen konstitusi dan menyerukan untuk sebuah konstitusi baru.

Ia bergabung dengan protes anti-pemerintah yang memaksa mantan Presiden Hosni Mubarak untuk mundur pada 11 Februari. Tapi dia agak kontroversial di antara orang Mesir karena ia telah menghabiskan lebih banyak waktu di luar negeri daripada di Mesir dalam beberapa tahun terakhir.

Rakyat Mesir pergi ke tempat-tempat pemungutan suara pada Sabtu untuk memutuskan sembilan amandemen konstitusi yang ditunda, yang berharap militer untuk membuka jalan bagi pemilihan parlemen dan presiden yang adil dan bebas pada akhir tahun ini.

Dengan sekitar 45 juta orang yang berhak memilih, pemilih pada referendum jauh lebih tinggi daripada pemilu sebelumnya.

Rakyat Mesir berpartisipasi dalam referendum perubahan konstitusi dengan jumlah pemilih yang belum pernah terjadi sebelumnya pada Sabtu, menunjukkan antusiasme mereka dalam mengikuti pembangunan kembali sistem politik masa depan negara itu.

Warga Mesir berduyun-duyun mendatangi TPS nasional pada hari pemungutan suara untuk pertama kalinya sejak Presiden Hosni Mubarak mundur, menunjukkan dengan jelas seberapa penting konstitusi untuk masa depan Mesir. (ant/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...
Comments
Loading...