Berita Dunia Islam Terdepan

“Ulama” anti-Boko Haram ditembak mati

0 1

MAIDUGURI (Arrahmah.com) – Sekelompok orang bersenjata menembak dan menewaskan seorang “ulama” yang sangat mengkritik sebuah kelompok Islam di Nigeria yang dulu bernama Boko Haram, dalam sebuah serangan di luar rumahnya di Maiduguri, wilayah timur laut Nigeria.

Penyerang yang berada di dalam kendaraan olahraga, menembak mati Ibrahim Abdullahi Bolori di luar rumahnya yang persis di samping mesjid.

“Sheikh keluar dari rumahnya sekitar pukul 8 malam dan duduk di luar rumah.  Sebuah jip tanpa tanda melambat dan orang-orang bersenjata menembak lima kali sebelum melarikan diri,” ujar saksi mata, Awwalu Ishaq.

Bolori pernah menjadi kritikus vokal menentang sebuah kelompok “Islam garis keras” yang diperangi pemerintah yang dikenal dengan Boko Haram.  Pemerintah Nigeria pun pernah melakukan pembantaian terhadap kelompok ini di tahun 2009 yang menewaskan banyak dari anggotanya.

Belum diketahui siapa yang bertanggung jawab atas serangan ini, namun kepolisian setempat menuduh anggota Boko Haram lah yang melakukannya.

September lalu, diduga pejuang Boko Haram melakukan serangan ke sebuah penjara menggunakan senapan mesin dan peledak rakitan, membebaskan 700 tahanan Muslim.

Boko Haram menyatakan bahwa kelompok tersebut dibuat untuk memperjuangkan tegaknya sebuah negara Islam di Nigeria.  (haninmazaya/arrahmah.com)

*foto : pembantaian terhadap jamaah Boko Haram

Baca artikel lainnya...
Comments
Loading...