Berita Dunia Islam Terdepan

Polisi Arab Saudi lepaskan tembakan ke arah demonstran

0 0

QATIF (Arrahmah.com) – Polisi dilaporkan telah melepaskan tembakan ke arah ratusan pendemo yang berpawai di timur kota Qatif, dalam upaya menghentikan protes yang telah direncanakan, lapor AP.

Seorang saksi di timur kota Qatif mengatakan bahwa tembakan dan granat diarahkan ke ratusan pendemo yang berbaris di jalan-jalan kota pada Kamis (10/3/2011).

Saksi berbicara dengan syarat anonim karena alasan keamanan, ia melihat sedikitnya seorang pengunjuk rasa terluka.

Pejabat pemerintah telah memperingatkan mereka akan mengambil tindakan keras jika aktivis turun ke jalan.

Meskipun larangan protes dan peringatan pemerintah datang, demonstrasi tetap diadakan, mereka menuntut pembebasan tahanan politik.

Para pengunjuk rasa sebagian besar menggunakan penutup wajah untuk menghindari indentifikasi, berbaris di jalan dan menyerukan “bebaskan tahanan”.

Polisi yang berbaris berlawanan dengan pendemo melepaskan tembakan yang menyebabkan kerumunan massa menyebar, ujar saksi mata.

Bulan lalu, pemerintah mengumumkan paket ekonomi yang belum pernah terjadi sebelumnya diperkirakan senilai satu miliar akan diberikan untuk pinjaman rumah bebas bunga, bantuan pengangguran dan pengampunan utang.

Mereka juga menegaskan bahwa demonstrasi dilarang karena bertentangan dengan hukum Islam dan nilai-nilai masyarakat dan mengatakan pasukan keamanan yang berwenang agar bertindak melawan siapapun yang melanggar larangan tersebut.

Laporan media selama akhir pekan ini menyatakan bahwa sekitar 10.000 tentara Saudi akan dikerahkan untuk menindak setiap pemrotes.  (haninmazaya/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...