Berita Dunia Islam Terdepan

Ilmuwan Inggris ubah ponsel android jadi satelit

0 1

LONDON (Arrahmah.com) – Tim asal Inggris berencana untuk membawa ponsel cerdas berbasis Android ke Luar Angkasa. Tujuan dari pengiriman ini untuk melakukan uji coba perangkat smartphone saat berada di luar bumi, termasuk dalam mengendalikan satelit.

Tim ilmuwan dari Guildford’s Surrey Satellite Technology Limited berencana akan mengorbit bersamaan dengan Strand-1 yang rencananya akan diluncurkan pada akhir tahun ini.

“Smartphone banyak memiliki komponen canggih seperti sensor, kamera video, sistem GPS dan radio Wifi dan yang paling penting tentu saja sistem satelit yang ada,” kata peneliti utama Dr Chris Bridges, yang dikutip TG Daily, Selasa (25/1/2011).

“Smartphone modern cukup mengagumkan. Pertama-tama kami ingin tahu apakah ponsel dapat bekerja di sana dan jika bisa, kami ingin tahu juga apakah ponsel itu bisa mengendalikan satelit,” tambahnya.

Nantinya para ilmuwan tersebut bakal melakukan beberapa percobaan, termasuk di antaranya mengontrol satelit. Selain ponsel tersebut akan menjadi sebuah satelit kecil dan mengambil fotografi bumi.

Alasan penggunaan ponsel Android sendiri dikarenakan sistem operasi ini berbasis terbuka (open source) sehingga mudah dimodifikasi untuk keperluan misi. Sedangkan tujuan utama proyek ini adalah untuk mencari cara termurah dalam mencapai luar angkasa.

Sayangnya belum diketahui para ilmuwan itu akan menggunakan ponsel Android model perusahaan mana. Ini jelas menjadi era baru bagi kemajuan perangkat cerdas dalam menghubungkan semua segmen pekerjaan. (okz/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...