Berita Dunia Islam Terdepan

SBY curhat soal gaji, padahal gajinya jauh lebih tinggi dari pemimpin Cina dan India

0 8

JAKARTA (Arrahmah.com) – Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) curhat soal gajinya yang belum naik selama tujuh tahun, padahal besarnya gaji presiden di Indonesia lebih tinggi 12 kali dari gaji PM Cina dan lebih tinggi 30 kali dari gaji PM India.

Tak mau dituding lakukan kebohongan, akhirnya Presiden Susilo Bambang Yudhoyono merealisasikan janjinya untuk meningkatkan kesejahteraan prajurit TNI dan Polri melalui program remunerasi. Ironinya Presiden juga curhat soal gajinya yang tak kunjung naik dalam kurun waktu tujuh tahun.

“Kesejahteraan TNI/Polri bukan janji kosong dan kebohongan. Kesejahteraan prajurit setiap tahun kita naikkan. Remunerasi juga bertujuan meningkatkan kinerja dan prestasi,” ujar Presiden dalam pidato penutupan Rapim TNI/Polri 2011 di Jakarta, Jumat (21/1/2011). “Sampaikan, ini tahun ketujuh, gaji presiden belum naik. Tapi saya ingin semua dapat kelayakan gaji,” tambahnya.

Curhat Presiden itu cukup mengagetkan, karena menurut majalah bergengsi asal Inggris, The Economist, gaji presiden di Indonesia adalah gaji dengan kesenjangan tertinggi ketiga dari 22 negara yang disurvei tahun lalu.

Menurut The Economist, gaji per tahun yang diterima Presiden SBY mencapai 124.171 dolar per tahun. Menurut catatan majalah itu, dengan angka tersebut berarti gaji SBY 28 kali lipat dari pendapatan per kapita rakyat Indonesia.

Menarik bila dibandingkan dari data The Economist, gaji Presiden SBY dengan sejumlah pemimpin dunia. Misalnya dengan gaji Perdana Menteri Cina dan Perdana Menteri India. Kedua negara ini ekonominya jauh lebih maju dari Indonesia. Lihat tabel The Economist berikut:

Ternyata, di Cina gaji PM Cina sekitar 2,5 kali lipat dari pendapatan per kapita penduduknya. Sementara India lebih kecil lagi, yaitu gaji PM India sekitar dua kali lipat dari pendapatan per kapita penduduknya.

Secara nominal dolar AS pun, gaji SBY lebih tinggi dari gaji PM Cina yang tercatat 10.633 dolar per tahun, sedangkan India jauh lebih kecil lagi, 4.106 dolar per tahun. Itu berarti bila dibandingkan antara gaji Presiden Indonesia dengan PM Cina dan PM India, maka gaji SBY besarnya 12 kali gaji PM Cina dan 30 kali gaji PM India. (voa-islam/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...