Berita Dunia Islam Terdepan

Pengadilan Yaman jatuhkan hukuman tuk Syaikh Anwar Al-Awlaki

0 1

SAN’A (Arrahmah.com) – Pengadiln Yaman menjatuhkan hukuman dalam pengadilan in absentia terhadap ulama kharismatik kelahiran AS, syaikh Anwar Al-Awlaki 10 tahun penjara untuk tuduhan menghasut untuk membunuh orang asing, kantor berita SABA melaporkan pada Senin (17/1/2011).

Jaksa mendakwa syaikh al-Awlaki dan dua orang lainnya dengan “membentuk geng bersenjata” untuk menargetkan petugas asing dan penegak hukum pada bulan November ketika pemerintah mengatakan bahwa mereka tengah meningkatkan upaya untuk menemukannya di Yaman.

Intelijen barat percaya bahwa Al-Awlaki adalah seorang pemimpin senior kelompok Al-Qaeda cabang Yaman (AQAP) yang mengaku bertanggungjawab atas upaya peledakan di AS dengan mengirimkan paket bom melalui pesawat kargo pada tahun lalu.

Pengadilan Yaman juga mengeluarkan hukuman mati untuk Hisham Asim (19) yang dikatakan jaksa terhasut kalimat syaikh al-Awlaki untuk membunuh warga Perancis dalam sebuah penembakan pada Oktober silam.

Sepupu syaikh al-Awlaki, Othman al-Awlaki juga dihukum delapan tahun penjara-juga pengadilan in absentia, lapor SABA.

Pada bulan November pejabat senior Yaman mengatakan pemerintah Yaman tengah meningkatkan operasi untuk menangkap syaikh al-Awlaki, atas izin Allah, hingga kini syaikh al-Awlaki masih belum ditemukan.

Ia menambahkan bahwa pasukan keamanan dan suku lokal telah memulai operasi kontra-terorisme di provinsi Shabwa, tanah air dari suku Awalik.

Tahun lalu, Youtube menghapus sejumlah besar video syaikh Al-Awlaki atas tekanan AS.  (haninmazaya/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...