Berita Dunia Islam Terdepan

IIA : Mujahidin Kontrol 7 Distrik di Provinsi Balkh dan Jalan Utama Menuju Shubarghan

0 2

AFGHANISTAN (Arrahmah.com) – Dengan nama Allah yang Maha Pengasih dan Penyayang.  Balkh merupakan salah satu provinsi dari 34 provinsi di Afghanistan yang diyakini merupakan satu provinsi terpenting di wilayah utara.

Ibukota provinsi ini adalah Mazar Sharif.  Memiliki luas sekitar 12.593 Km persegi dan memiliki populasi sekitar 650.000 jiwa atau lebih.  Provinsi Balkh terbagi menjadi 15 distrik sebagai berikut :

1. Mazar Sharif

2. Nahr-e-Shahi

3. Dahdady

4. Marmal

5. Khlam (tashgalghan)

6. Keldar

7. Shor Tipa

8. Dawlatbad

9. Balkh

10. Charbolak

11. Shamtal

12. Sholgira

13. Charkant

14. Kashinda

15. Zari

Balkh dianggap sebagai salah satu provinsi Afghanistan paling bersejarah dan bahkan kini menjadi salah satu benteng dari Mujahidin dalam jihad terakhir dan merupakan parit dari Mujahidin dalam jihad saat ini.

Biografi singkat pemimpin jihad di provinsi Balkh :

Mullah Abdul Karim (Nafiz) adalah putra dari Abdul Jabbar dan dilahirkan di sebuah keluarga yang taat agama 26 tahun yang lalu di distrik Sholgari, provinsi Balkh.  Ia mendapatkan pendidikan dasar di rumahnya dan kemudian melanjutkan studi di berbagai tempat berbeda di Afghanistan.  Ia juga seornag teman dari Mullah Raz Muhammad Haidari rahimahullah, pemimpin provinsi Balkh sebelumnya dan selalu bersama-sama melaksanakan jihad di provinsi Balkh, Kandahar, Helmand dan Zabul.


Alemara studio
: Dear Nafiz Sharif, sebelum yang lainnya, bisa Anda jelaskan situasi jihad saat ini di provinsi Balkh?


Mulllah Abdul Karim
: Segala puji hanya milik Allah dan semoga rahmat dan salam selalu tercurah kepada nabi Muhammad SAW dan pengikutnya yang mendapat petunjuk.

Untuk menjawab pertanyaan Anda, saya terlebih dahulu harus mengatakan bahwa Alhamdulillah, tahun ini adalah tahun kehormatan, kemenangan dan bantuan dari Allah sesuai dengan nama operasi tahun ini, Al-Fath yang telah ditetapkan oleh Imarah Islam Afghanistan (IIA).  Kami menyaksikan manifestasi nyata dari kemenangan Mujahidin di Balkh dan sisanya dari provinsi-provinsi Utara. Saya ingin menyebutkan bahwa meskipun kami memiliki kelompok Mujahidin yang beroperasi di semua distrik, tetapi lingkup pengaruh dan pengendalian kami terbatas hanya untuk 4 distrik, yaitu Balkh, Chabolak, Chamtal dan Sholgira.  Dan di tahun ini kami memperluas jangkauan kami hingga mencapai distrik lain seperti di Kashinda, Nahr-e-Shahi dan Keldar dan juga wilayah sekitarnya.  Kami juga memiliki prestasi besar di distrik-distrik lain. 

Jalan raya utama antara Balkh-Shubarghan yang melewati Charbolak juga menjadi saksi atas serangan-serangan mematikan Mujahidin kami yang menjadi hambatan yang besar untuk suplai logistik musuh.  Kami mampu menetralisir konspirasi musuh dengan sepenuhnya mematikan semua TPS di 6 distrik selama hari pemilihan.  Kami juga mengambil 15 pusat militer musuh dimana mereka mengalami kerugian besar dari pertempuran yang pecah.  Jadi secara keseluruhan, situasi Balkh sangat menjanjikan, dan semua ucapan terima kasih kami kepada Allah.  Kelompok Mujahidin IIA juga telah dikirim ke seluruh distrik di mana pasukan musuh sedang menghadapi banyak kesulitan.


Alemara Studio
: Apakah kehadiran pasukan asing di Balkh masih terbatas di pusat wilayah atau telah tersebar hingga ke distrik?

Mullah Abdul Karim : Seperti provinsi utara lain, tentara pendudukan yang berbasis di Balkh adalah Jerman, Norwegia, Bulgaria dan negara-negara lain dan berbasis di pusat, Mazar Sharif.  Pasukan penjajah melakukan operasi ke distrik-distrik namun tidak membangun pos di sana.


Alemara Studio
: Rezim Kabul Departemen Pertahanan dan gubernur Balkh baru-baru ini mengklaim bahwa operasi mereka di wilayah yang didominasi Mujahidin telah menghasilkan hasil dan prestasi yang besar, dapat Anda menjelaskan informasi terkait isu ini?


Mullah Abdul Karim
:  Memang benar bahwa pasukan dalam dan luar negeri baru-baru ini berkumpul di sekitar provinsi untuk melakukan operasi militer terhadap Mujahidin di provinsi Balkh.  Departemen Pertahanan rezim Kabul mengumumkan akan melancarkan operasi besar di wilayah utara seperti yang telah dilakukan di Kandahar dan Helmand.  Hampir 5.000 pasukan asing dan dalam negeri didukung kekuatan udara memasuki distrik Chamtal dan Charbolak namun menghadapi perlawanan keras Mujahidin di hari pertama. 

Tank mereka meledak dan hancur dalam serangan bom dan patroli berjalan kaki mereka pun disergap tanpa henti.  Musuh hanya memiliki kehadiran di Charbolak, Darzankar, Timorak dan Khanabad di Chamtal dan Tarako dan Hotako sebelum melarikan diri dari semua wilayah karena korban tewas yang banyak dan kerusakan parah yang mereka alami akibat serangan Mujahiidn.  Segala puji hanya milik Allah, Mujahidin tidak mengalami kerugian besar seperti yang dialami musuh.  Mereka melarikan diri setelah dipermalukan dan terhina.

Alemara Studio : Berapa banyak wilayah yang dikontrol Mujahidin di Balkh?


Mullah Abdul Karim
: Seperti yang telah saya kemukakan sebelumnya, Mujahidin telah mengontrol penuh 7 distrik di Balkh dan musuh hanya mengendalikan daerah-daerah yang dekat dengan Mazar Sharif.  Pasukan musuh juga mengalami kesulitan di jalan raya utama Balkh-Shubarghan.


Alemara Studio
: Salah satu program baru musuh adalah menciptakan Arbaki (milisi) di provinsi-provinsi utara.  Apakah perkembangan ini terjadi di Balkh dan apa hasilnya?

Mullah Abdul Karim : Satu-satunya distrik di provinsi Balkh di mana usaha musuh menciptakan milisi adalah Charbolak dan populasi Muslim dengan keras menolak proposal ini dengan suara bulat dan mengatakan bahwa mereka pernah mengalami hal itu sebelumnya dan tidak akan pernah mau mengulangi kesalahan sama. 

Dengan kekecewaan ini, dua komandan musuh satu dari Masood dan lainnya dari Dustam bersama dengan beberapa mantan pencuri dan perampok di distrik Charbolak menciptakan milisi tersebut namun sejauh ini belum membahayakan Mujahidin.  Program gagal ini mengakibatkan kebencian terhadap pemerintah oleh penduduk lokal karena mempersenjatai kembali penjahat-penjahat.

Alemara Studio : Berapa banyak dukungan dan kerjasama yang dilakukan Mujahidin dengan masyarakat lokal di provinsi Balkh?


Mullah Abdul Karim
: Penduduk lokal di Balkh, seperti sebelumnya, mereka berdiri bahu-membahu dan sepenuhnya bekerjasama dengan Mujahidin IIA.  Meskipun upaya berulang-ulang oleh musuh untuk menabur benih perpecahan dan menciptakan milisi lokal untuk menciptakan ketegangan hubungan antara Mujahidin dan penduduk lokal, namun karena penduduk lokal telah memahami sifat dan rencana musuh selama bertahun-tahun tampaknya telah menggagalkan rencana ini.  Alasan bahwa Mujahidin berpencar dan melancarkan operasi di berbagai wilayah di Balkh secara langsung merupakan hasil dari dukungan rakyat dan kami bersyukur kepada Allah STW atas situasi ini.


Alemara Studio
: Bagaimana Anda menggambarkan hubungan Anda dengan Jihad di daerah lain di provinsi utara?


Mullah Abdul Karim
: Kami selalu berhubungan dengan provinsi tetangga, seprti Juzjan.  Distrik Faizabad merupakan salah stau distrik di Juzjan yang berbatasan dengan provinsi Balkh dan dikendalikan oleh Mujahidin dan kami saling meminjamkan tangan satu sama lain saat membutuhkan.  Semua puji hanya milik Allah, Mujahidin di utara juga melakukan kontak langsung dengan provinsi lainnya seperti Balkh, Juzjan, Faryab dan Sar-e-Pul yang berada dalam kendali Mujahidin dan mereka secara teratur melakukan operasi bersama.


Alemara Studio
: Terima kasih atas informasinya.  (haninmazaya/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...