Berita Dunia Islam Terdepan

Menag Bantah Kementriannya jadi Sarang Koruptor

0 3

JAKARTA (Arrahmah.com) – Tudingan beberapa pihak yang mengatakan bahwa Kementrian Agama merupakan sarang korupsi dibantah oleh Menteri Agama Suryadharma Ali.

Menag menegaskan kementriannya bukan sarang koruptor. “Kemenag bukan sarang korupsi. Ini harus terus diwaspadai dan bekerjalah dengan baik sesuai aturan dan prosedur yang berlaku,” ujar Menag saat membuka Rapat Kerja Kemenag Riau di Pekanbaru, Selasa, (4/1/2011).

Suryadharma Ali mengatakan, Kemenag harus membuktikannya dengan penggunaan anggaran yang efisien dan efektif. Selain itu juga diimbau Kanwil Kemenag mengurangi kegiatan yang tidak penting dan hanya menghabiskan anggaran.

“Kegiatan seperti rapat koordinasi maupun singkronisasi jangan terlalu sering dilakukan karena hanya menghabiskan anggaran. Begitu juga seminar yang tidak penting, jangan terlalu diikuti,” kata Ketua Umum DPP PPP ini.

Terkait dengan kegiatan melancong ke luar negeri, dia mengimbau para Kanwil tidak melakukan apalagi, kegiatan itu lebih banyak sisi negatif karena hasilnya malah memojokkan bangsa sendiri.

“Kegiatan melancong atau apapun namanya terutama yang tidak membawa dampak positif harap dihindari karena akan menghabiskan anggaran saja,” jelasnya.

Dia juga mengeluhkan penyelenggaraan ibadah haji yang selalu dianggap jelek oleh beberapa pihak karena setiap tahunnya menuai protes. Bahkan, Kemenag seperti lebih bodoh dari keledai dikarenakan terperosok jatuh ke lubang yang sama lebih dari dua kali.

“Padahal, tugas memberangkatkan ibadah haji tersebut berat karena beragam umur calon haji mulai dari usia 17 tahun hingga 102 tahun. Begitu juga kesehatannya yang tidak semuanya fit,” jelas dia.

Begitu juga dengan logistik, lanjutnya, dimana calon haji membawa aneka makanan dari daerah asal dan mempunyai selera berbeda.

Tugas memberangkatkan ibadah haji dalam jumlah ratusan ribu orang itu lebih berat dari memberangkatkan tentara ke medan perang, katanya.

(ant/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...