Berita Dunia Islam Terdepan

Otoritas Boneka Yaman Bentuk Unit “Anti-teror” di Benteng Al-Qaeda

0 2

SAN’A (Arrahmah.com) – Otoritas boneka Yaman tengah mempersiapkan unit provinsi “anti-teror” untuk menghadapi Mujahidin Al-Qaeda di bentengnya, ujar seorang pejabat Yaman pada Minggu (26/12/2010).

Yaman mengklaim telah memiliki tentara yang sangat terlatih yang didanai AS, beroperasi di bawah kementrian dalam negeri.  Tapi ini adalah pertama kalinya Yaman membentuk unit tersebut di jantung Al-Qaeda Semenanjung Arab (AQAP).

Baru-baru ini AS telah menekan Yaman untuk mengambil tindakan keras melawan AQAP yang kehadirannya terus berkembang dan semakin terorganisir, mereka melakukan serangan ke luar negeri dari pelabuhan di Yaman.

Pejabat kontra-terorisme AS, John Brennan menyeru presiden Yaman, Ali Abdallah Saleh untuk mengambil tindakan kuat terhadap AQAP dan menggagalkan setiap rencana serangan di Yaman dan luar negeri.

AS telah aktif terlibat dalam memerangi Al-Qaeda di Yaman, terungkap bahwa AS ikut serta secara langsung dalam bombardir yang dilakukan di Yaman Selatan dengan dalih menargetkan Al-Qaeda namun kebanyakan korban yang jatuh adalah sipil Yaman.  Hal ini dibuktikan dengan ditemukannya bangkai-bangkai misil AS di wilayah yang menjadi daerah pertempuran.

Unit-unit baru rencananya akan beroperasi di provinsi Shabwa, di mana AS meyakini bahwa Syaikh Anwar al-Awlaki bersembunyi serta di provinsi Marib, wilayah pegunungan, di provinsi Abyan dan di timur provinsi Hadramaut.

Dalam lima tahun terakhir, AS telah menggelontorkan dana sebesar 250 juta USD untuk militer Yaman.  Dan pejabat AS mengatakan di tahun 2011 AS akan mengeluarkan dana sebesar 250 juta USD untuk Yaman. (haninmazaya/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...
Comments
Loading...