Berita Dunia Islam Terdepan

Roket Yang Membawa Satelit India Meledak Sesaat Setelah Diluncurkan

0 9

NEW DELHI (Arrahmah.com) – Sebuah roket yang mengangkut satelit komunikasi India meledak sesaat setelah lepas landas pada hari Sabtu (25/12/2010). Insiden ini terjadi pada percobaan kedua setelah India gagal meluncurkan satelit yang sama untuk badan antariksa India tahun ini.

Televisi memperlihatkan roket meledak beberapa saat setelah diluncurkan dari pusat ruang angkasa Sriharikota di negara bagian Andhra Pradesh. Roket ini mengangkut satelit komunikasi GSAT-5P.

Roket tersebut diketahui bermasalah 47 detik setelah lepas landas, kata K. Radhakrishnan, ketua Organisasi Riset Luar Angkasa India (ISRO).

“Kondisi roket seperti itu menyebabkan stres yang semakin tinggi, sehingga menimbulkan ledakan,” kata Radhakrishnan pada wartawan.

Pada bulan April, sebuah roket yang sama dalam penerbangan jatuh ke Teluk Benggala. ISRO mengatakan casing turbin rotor pecah, kemungkinan besar karena tekanan yang berlebihan dan tegangan termal.

Yashpal, seorang pensiunan ilmuwan India dan komentator independen, mengatakan ia sangat kecewa dengan kegagalan hari Sabtu, tapi negara lain juga pernah mengalami masalah seperti itu.

India adalah negara kelima setelah Amerika Serikat, Rusia, Cina, dan Perancis untuk memasuki pasar peluncuran satelit komersial.

Negara ini telah berupaya untuk bangkit sebagai sebuah kekuatan ekonomi dan membangun sektor teknologi yang berkembang menjadi kekuatan global di daerah lain.

Sejak tahun 1994, program ruang angkasa India telah meluncurkan sejumlah satelit buatan India. Negara ini juga telah mampu meluncurkan sembilan penerbangan angkasa berturut-turut. (althaf/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...
Comments
Loading...