Berita Dunia Islam Terdepan

AS Terus Menekan Pakistan Untuk Melancarkan Operasi Militer di Waziristan Utara

0 2

WAZIRISTAN (Arrahmah.com) – Duta Besar AS, Cameron Munter menekankan dalam sebuah konferensi pers di kedutaan AS bahwa penanggulangan “militan” di Pakistan-yang dianggap penting oleh AS untuk menstabilkan Afghanistan-adalah masalah kapasitan bukan keinginan.

“Ya saya meyakini itu,” ujarnya ketika ditanya apakah Amerika Serikat yakin Pakistan merupakan tempat teraman yang digunakan “militan” selama bertahun-tahun sebagai tempat beristirahat dan meletakkan senjata setelah melancarkan serangan terhadap pasukan asing.

Munter berbicara sehari setelah Geudng Putih mengumumkan tinjauan ulang terhadap strategi di Afghanistan.

Pakistan menyebarkan sekitar 140.000 tentaranya di wilayah perbatasan dengan Afghanistan.  Namun Pakistan sepertinya enggan untuk masuk ke Waziristan Utara yang sering disebut sebagai pusat jihad global.

“Ada sejumlah besar kapasitas yang digunakan saat melakukan operasi darat, Angkatan Darat Pakistan membutuhkan biaya besar,” uajr Munter.

Robert Gates mengatakan pada Kamis (16/12/10) bahwa Pakistan perlu melakukan lebih untuk mengontrol aliran ekstrimis sepanjang perbatasan dengan Afghanistan.  Pakistan mengatakan akan menyerang Waziristan Utara, namun dengan keputusannya sendiri. (haninmazaya/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...
Comments
Loading...