Vodafone Cabut Iklan Ilmuwan Muslim

0 10

KAIRO (Arrahmah.com) – Unit raksasa telepon Mesir, Vodafone, telah menarik iklan yang menggambarkan ilmuwan Muslim jaman dulu, Abbas Ibn Firna, sebagai seorang pria muram yang jatuh dari tebing ketika berusaha untuk terbang dengan sayap berbulu.

Perusahaan yang berbasis di Inggris itu membuat keputusan tersebut setelah menerima keluhan dari pemirsa, yang melalui situs jejaring sosial Facebook dan Twitter mengeluhkan apa yang menurut mereka sebagai penghinaan terhadap tokoh bersejarah Islam.

Vodafone mengatakan iklan itu dimaksudkan untuk lucu tapi “karena beberapa pelanggan kami menganggapnya ofensif, kami memutuskan untuk mencabut iklan ini dari YouTube dan laman fans Facebook resmi kami.”

Dalam pernyataan yang dipasang di laman Facebooknya, perusahaan itu menambahkan bahwa dikarenakan libur Idul Adha, penghapusan sepenuhnya iklan itu dari seluruh kanal TV akan dilakukan secara bertahap dalam waktu beberapa hari.

Ibnu Firnas, seorang ilmuwan Berber Muslim yang wafat di tahun 887, disebut-sebut melompat dari ketinggian, dengan sayap terpasang dan tertutup bulu mulai ujung kepala sampai ujung kaki, dalam sebuah upaya untuk terbang yang gagal, meskipun dia selamat dari lompatan itu.

Iklan untuk layanan internet USB Vodafone itu memperlihatkan tiga pemuda diwujudkan di hadapan Firna dengan sebuah laptop dan stick USB untuk berusaha membujuknya membatalkan percobaan itu.

Dia menggumamkan penolakannya, bahkan setelah mereka menunjukkan padanya sebuah entri Wikipedia tentang Wright bersaudara, yang mempelopori penerbangan di abad 20, dan meluncur jatuh dari tebing.

Dalam iklan lainnya, ketiga pemuda itu berusaha membujuk Richard Berhati Singa, raja Inggris dan tentara perang salib dari abad pertengahan, untuk tidak bertempur melawan pemimpin Muslim, Salahuddin, dengan menawarkan padanya sebuah permainan perang-perangan dalam sebuah laptop. (sm/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...

Leave A Reply

Your email address will not be published.