Berita Dunia Islam Terdepan

Tentara Salibis AS Akan Bertahan Lama di Irak

0 2

KUALA LUMPUR (Arrahmah.com) – Menteri Pertahanan AS, Robert Gates, menyatakan bahwa Pentagon sedang bersiap-siap untuk mempertahankan keberadaan pasukan salibis Amerika di Irak melebihi tahun 2011, sesuai dengan permintaan pemerintah Baghdad.

“Kami siap untuk berdiskusi jika mereka (pemerintah Irak) menginginkannya,” kata Gates saat berkunjung ke Malaysia pada Selasa (9/11/2010).

Ia pun menjelaskan bahwa tambahan waktu bagi militer AS di negara itu harusnya diminta oleh pemerintahan Irak, dengan mengatakan, “Inisiatif permintaan akan hal ini harus datang dari Irak.”

Komentar ini muncul setelah Gedung Putih menarik mundur ribuan tentaranya dari Irak bulan Agustus lalu dengan dalih bahwa operasi tempurnya di Irak harus disudahi.

AS mulai menginvasi Irak tahun 2003. Sejauh ini masih ada 50.000 tentara lagi yang masih bertugas di Irak untuk “mendampingi dan melatih” pasukan Irak.

Namun, kenyataan di lapangan berbicara lain. Tidak sedikit laporan yang menyatakan bahwa tentara salibis AS tetap terlibat dalam operasi pertempuran.

Berdasarkan kesepakatan yang telah ditandatangani kedua negara, seluruh tentara AS diharapkan mangkat dari Irak pada akhir 2011. (althaf/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...
Comments
Loading...