AS Penjual Senjata Terbesar di Dunia

0 10

WASHINGTON (Arrahmah.com) – Amerika Serikat menduduki daftar teratas penjual senjata terbesar global dengan Israel, Uni Emirat Arab dan India sebagai pembeli sebagian besar senjata termasuk jet tempur.

Menurut sebuah laporan oleh Stockholm Internasional Peace Research Institute (SIPRI), AS menjual 341 pesawat tempur antara 2005 dan 2009, naik dari 286 jet dijual selama periode lima tahun sebelumnya, sedangkan Rusia menjual 219 pesawat diikuti oleh Perancis, Cina dan Swedia, lapor AFP, hari ini (10/11/10).

Sementara itu, pembeli terbesar jet tempur adalah Israel, Uni Emirat Arab dan India, secara kolektif akuntansi untuk hampir sepertiga dari semua pembelian senjata global.

Lembaha independen Swedia juga memperingatkan bahwa spiral penjualan jet dapat menggoyahkan banyak bagian dunia.

“Sementara pesawat tempur selalu disajikan sebagai salah satu senjata yang paling penting yang dibutuhkan untuk pertahanan,” ujar Siemon Wezeman, seorang rekan senior di SIPRI.

Penelitian ini menunjuk pada serangan udara Israel terhadap Suriah pada September 2007 sebagai contoh utama dari ancaman atas perdamaian dan stabilitas di dunia.

Menurut laporan lebih dari 50 negara, Israel (82), Jordania (36), Cina (45) dan Yaman (37), membeli total 995 pesawat baru dan bekas antara tahun 2005 dan 2009. (haninmazaya/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...

Leave A Reply

Your email address will not be published.