Pemerintah RI Tetapkan 1 Dzulhijjah Jatuh Hari Ini

0 4

JAKARTA (Arrahmah.com) – Berdasarkan sidang isbat yang diadakan beberap awaktu lalu (8/11/10), Kementrian Agama Republik Indonesia menetapkan 1 Dzulhijjah jatuh pada hari ini (8/11).  Berdasarkan hal tersebut, maka Hari Raya Idul Adha akan jatuh pada 17 November 2010.

Sebelumnya, organisasi Islam Muhammadiyah telah menetapkan 10 Dzulhijjah jatuh pada 16 November 2010, sehingga terjadi perbedaan antara pemerintah dengan Muhammadiyah.

Sidang isbat dipimpin Dirjen Binmas Islam Nasaruddin Umar bertempat di gedung Kementerian Agama, Jl MH Thamrin, Jakarta Pusat. Nasarudin didampingi oleh Sekjen Bahrul Hayat dan Umar Shihab dari MUI. Hadir juga sejumlah ormas Islam seperti NU, Muhammadiyah, Persis, Al Irsyad, Jamiyatul Wasliyah, Dewan Masjid Indonesia, dan Syarikat Islam.

Tidak hanya itu, Indonesia pun berbeda dengan otoritas Arab Saudi yang menetapkan 10 Dzulhijjah pada 16 November mendatang.  Seperti dikutip dari MCH Kemenag, kantor berita Arab Saudi, SPA, menyebutkan, Arab Saudi menetapkan Idul Adha jatuh 16 November. Penetapan Idul Adha itu dilakukan setelah otoritas berwenang di Saudi melakukan pengamatan bulan pada Sabtu (6/11) malam yang diperkuat dengan hasil perhitungan para astronom resmi di Saudi. (haninmazaya/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...

Leave A Reply

Your email address will not be published.