Gates : Militer AS Berupaya Memperluas Kehadirannya di Asia

0 15

WASHINGTON (Arrahmah.com) – Militer AS berencana untuk meningkatkan kehadirannya di Asia dan sedang mencari perluasan hubungan dengan Angkatan Bersenjata Australia, ujar Menteri Pertahanan AS, Robert Gates.

Membangun kerjasama pertahanan dengan Australia akan memperkuat upaya memperluas “peran” militer AS di wilayah Asia-Pasifik, lanjut Gates, Sabtu (6/11/10).

“Kami sedang mencari cara untuk memperkuat dan mungkin membuat lebih kuat keberadaan kami di Asia,” ujar Gates mengacu kepada review Pentagon yang menginginkan pasukan AS dikerahkan ke seluruh dunia.

“Kami sedang melihat sejumlah pilihan yang berbeda, saalah satunya termasuk berbicara dengan Australia….daerah dimana kami dapat bekerjasama dalam cara yang saling menguntungkan.”

Pada pertemuan tahunan AS-Australia di Melbourne, Gates mengatakan kedua pemerintah akan membahas memperdalam hubungan kerjasama militer termasuk keamanan cyber, pertahanan rudal dan “ruang pengawasan”.  Namun dia mengklaim AS tidak berencana membuat pangkalan baru di Australia atau di tempat lain di wilayah itu. (haninmazaya/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...

Leave A Reply

Your email address will not be published.