Sambut Tamu 'Sangat Spesial', Polisi Siap-Siap Amankan Rute Perjalanan

0 2

JAKARTA (Arrahmah.com) – Kepolisian Daerah Metro Jaya akan mengerahkan seluruh personel untuk pengamanan kedatangan Presiden Amerika Serikat, Barack Obama pada 9-10 November 2010 nanti.

“Fokuskan pengamanan pada rute kunjungan Obama, pada ring dua dan tiga,” ujar Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Polisi Boy Rafli Amar, Rabu (3/11/2010).

Sedangkan pengamanan lapis satu akan ditangani Paspampres dan Komando Daerah Militer (Kodam) Jaya karena tamu very very important person (VVIP).

“Polisi hanya dilibatkan pada pengawalan saja,” tuturnya.

Tapi saat disinggung berapa jumlah personel yang akan dikerahkan, Boy belum dapat menyebutkan jumlahnya yang akan membantu pengamanan.

Sebelumnya, Staf Khusus Presiden bidang Hubungan Internasional, Teuku Faizasyah mengatakan Presiden Barack Obama akan melakukan kunjungan kenegaraan ke Indonesia pada 9-10 November 2010.

Kunjungan ini merupakan bagian dari rangkaian kunjungan Presiden Obama ke Asia dan dilakukan setelah kunjungan ke India dan sebelum kunjungan ke Korea Selatan serta Jepang.

Agenda kegiatan Presiden Obama pada 9 November 2010 akan diawali dengan upacara penyambutan di Istana Merdeka, yang akan dilanjutkan dengan pertemuan bilateral antara Pemerintah Indonesia dengan Pemerintah AS.

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono akan menjamu Presiden AS dan delegasi dalam suatu jamuan makan malam kenegaraan.

Pada 10 November 2010, Presiden Obama akan melakukan peletakkan karangan bunga di Taman Makam Pahlawan Kalibata. Selanjutnya, Presiden Obama merencanakan untuk mengunjungi Masjid Istiqlal.

Selain itu Obama juga akan melakukan lawatan ke kampus Universitas Indonesia (UI) di Depok, Jawa Barat.

Berdasarkan sumber VIVAnews, kedatangan Obama ke kampus UI tidak akan melalui jalur darat. Obama direncanakan akan datang menggunakan helikopter untuk mencapai kampus itu.

Selama ini, rencana kedatangan Obama ke Indonesia sudah tiga kali batal. Kali ini, Obama dipastikan akan berkunjung ke Indonesia pada 9-10 November. (viva/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...

Leave A Reply

Your email address will not be published.