Obama akan Kunjungi Masjid Istiqlal (?)

0 4

JAKARTA (Arrahmah.com) – Presiden Amerika Serikat (AS), Barack Obama, dijadwalkan mengunjungi Indonesia pada 9-10 November 2010. Salah satu tempat yang dikunjungi Obama adalah Masjid Istiqlal, Jakarta.

Demikian ungkap pejabat kantor kepresidenan AS di Gedung Putih, Kamis (29/10/10). “Pada 9 November, Presiden akan terbang ke Indonesia,” kata Ben Rhodes, pejabat Dewan Keamanan Nasional, saat mengumumkan jadwal kunjungan presiden ke sejumlah negara Asia, termasuk Indonesia, awal November mendatang.

Rhodes, seperti dikutip di laman Gedung Putih, menjelaskan bahwa Obama dan istrinya, Michelle, datang ke Jakarta setelah tiba dari lawatan di India. Pada hari pertama lawatan, 9 November, dia dijadwalkan langsung bertemu dengan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan setelah itu mengadakan jumpa pers.

Kedua pemimpin akan meresmikan Perjanjian Kemitraan Komprehensif di berbagai bidang. “Perjanjian ini merupakan upaya untuk mempererat hubungan di bidang keamanan, politik, ekonomi, dan antarwarga. Kami juga akan umumkan rencana untuk meningkatkan bantuan pendidikan di Indonesia,” kata Jeff Bader, pejabat Gedung Putih.

Pada hari berikut, bertepatan dengan peringatan Hari Pahlawan, Obama akan tabur bunga di Taman Makam Pahlawan Kalibata. Selanjutnya, dia akan menyambangi Masjid Istiqlal. Selain itu dia berencana akan pidato.

“Presiden akan berbicara mengenai demokrasi dan pembangunan serta upaya untuk menjangkau kaum muslim di penjuru dunia. Dia juga akan memaparkan kesannya mengenai pluralisme dan toleransi di Indonesia,” kata juru bicara Gedung Putih, Josh Earnest.

Selain Indonesia, Obama mengunjungi India, Korea Selatan dan Jepang. Sebelumnya, Obama sudah dua kali menunda kunjungan ke Indonesia karena masalah dalam negeri. (vivanews/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...

Leave A Reply

Your email address will not be published.