Berita Dunia Islam Terdepan

AS Setir Pasukan Afgan untuk Memburu Mujahidin di Pakistan

0 2

WASHINGTON (Arrahmah.com) – CIA diketahui menyetir pasukan paramiliter Afghan untuk memburu Al-Qaeda dan Taliban dalam sejumlah operasi rahasia di Pakistan, seorang pejabat Amerika mengatakan pada hari Rabu (22/9/2010).

Sembari mengantarkan peluncuran buku baru reporter terkenal Bob Woodward, seorang pejabat Amerika mengatakan kepada AFP bahwa Tim Pencarian-Kontraterorisme bekerja dengan sangat efektif tetapi tidak memberikan rincian lebih lanjut.

“Tim ini adalah salah satu lini militer Afghan terbaik dan telah memberikan kontribusi besar bagi stabilitas dan keamanan,” kata pejabat, yang berbicara tanpa ingin dipublikasikan identitasnya.

3.000 pasukan paramiliter Afghanistan telah dibentuk, didanai, dan sengaja dirancang sebagai unit pasukan elit oleh CIA untuk melaksanakan operasi pengejaran rahasia ke Pakistan, lansir Washington Post.

Presiden AS Barack Obama telah berusaha untuk menekan mujahidin di Pakistan melalui peningkatan aksi pengeboman melalui pesawat tak berawak serta operasi pasukan khusus AS di wilayah Afghanistan.

Pemerintah AS juga terus menekan tentara Pakistan untuk mengejar Taliban dan kelompok terkait di wilayah perbatasan barat laut.

Terungkapnya unit rahasia AS yang beroperasi di Pakistan diyakini akan memperumit hubungan Washington dengan Islamabad serta mempersulit hubungan Kabul dengan Pakistan.

Kehadiran militer AS di Afghanistan dan serangan rahasia pesawat tak berawak di perbatasan Pakistan menjadi kritikan tersendiri dari publik serta meningkatkan kecurigaan di wilayah Pakistan. (althaf/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...
Comments
Loading...