Berita Dunia Islam Terdepan

Ketakutan, Inggris Meminta YouTube Blokir Video “Teroris” Paling Dicari

0 2

LONDON (Arrahmah.com) – Pihak keamanan Inggris meminta YouTube memblokir ribuan video dari salah satu “teroris” paling dicari di dunia. Tindakan ini guna mencegah perekrutan anggota baru.

Syaikh Anwar al-Awlaki merupakan satu-satunya “teroris” yang namanya disebut pada konferensi agen keamanan Inggris M15 (Military Intelligence Section 5).

Awlaki memiliki keterlibatan internasional dengan al-Qaeda di Arab sehingga menciptakan perhatian khusus bagi pengikut di Barat, khususnya di Inggris.

“Pengaruhnya sangat luas karena ia berkhotbah dan mengajar dalam bahasa Inggris. Oleh karena itu, pesan yang disampaikan lebih mudah diakses dan dipahami oleh khalayak barat,” kata direktur jenderal MI5 Jonathan Evans.

Berdasarkan dokumen pemerintah yang dipublikasikan Daily Telegraph awal tahun ini, al-Awlaki memiliki 1.910 video dan telah ditonton sekitar 164.420 kali.

Namun, data terbaru menunjukkan bahwa video syaikh Awlaki ini telah bertambah menjadi lebih dari 5.000.

“Internet telah menjadi salah satu inkubator utama dalam menyebarkan pandangan radikalisasi. Tidak hanya itu, YouTube mulai menjadi koleksi publik terbesar dari tema kuliah Awlaki,” ujar Alexander Meleagrou-Hitchens yang merupakan peneliti dari lembaga studi bergensi International Centre for the Study of Radicalisation di King’s College, London.

“YouTube saat ini harus mulai mempertimbangkan sistem seleksi yang ketat untuk mencegah pengguna mengakses karya teroris dengan mudah,” ujarnya lagi.

Presiden Obama dilaporkan telah menyetujui permintaan ini. Di sisi lain, YouTube belum memberikan komentar. (inilah/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...
Comments
Loading...