Berita Dunia Islam Terdepan

Merkel Berikan Penghargaan Pada Kartunis Nabi SAW

0 2

BERLIN (Arrahmah.com) – Kanselir Jerman, Angela Merkel, akan memberikan penghargaan untuk kartunis Denmark yang menggemparkan dunia Muslim dengan gambar kartun yang menghina Nabi Muhammad SAW, Press TV melaporkan pada Selasa (7/9/2010).

Rencananya, Merkel akan memberikan pidato dalam peringatan kebebasan pers di Potsdam, dekat Berlin hari ini (8/9).  Pada saat yang sama,ia akan memberikan penghargaan tersebut kepada kartunis Denmark, Kurt Westergaard, ujarpenyelenggara acara dalam sebuah pernyataan hari Selasa (7/9).

“Kita masih belum mengetahui apa artinya hidup tanpa kebebasan, dan kita tidak boleh lupa betapa berharganya kebebasan. Kebebasan pers aalah salah satu fitur dari demokrasi yang bebas,” kata Merkel seperti dilansir oleh AFP.

Kartunis berusia 75 tahun yang telah menghinakan kehormatan Islam dan menyinggung kaum Muslim di seluruh dunia itu akan diberikan penghargaan M100 Media Prize 2010.

Kartun yang menghujat buatan Westergaard ini pertama kalinya dicetak pada tanggal 30 September 2005 di surat kabar Denmark, Jyllands-Posten, dan berulang kali dicetak ulang di koran-koran yang berbeda di lebih dari 50 negara, sebagian besar di negara Barat. Tindakan ini kontan memicu kemarahan di kalangan umat Islam di seluruh dunia serta menyulut protes massa yang menuntut agar Westergaard dihukum.

Pada bulan Juni, Westergaard mengumumkan bahwa ia akan pensiun dari koran Jyllands-Posten dalam upaya untuk meredakan ketegangan atas kartun buatannya. (althaf/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...
Comments
Loading...