Berita Dunia Islam Terdepan

Tepat Pilih Menu Sahur, Insha Allah Shaum Lancar

0 3

JAKARTA (Arrahmah.com) — Merasa lapar saat berpuasa merupakan hal yang biasa. Tapi kadang kala banyak orang yang berpuasa gagal menuntaskan puasa karena lapar yang mendera. Padahal itu tidak perlu terjadi kalau tahu bagaimana tips mengurangi  rasa lapar saat puasa.

“Selain niat yang kuat, perbaikilah santap sahur Anda,” ungkap dr Francisca A Tjakradidjaja, MS SpGK dari Rumah Sakit UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Ia menuturkan, sebaiknya saat sahur mengkonsumsi jenis karbohidrat kompleks dan serat seperti nasi merah atau oatmeal. Sebab, karbohidrat lebih lambat untuk dicerna menjadi gula.  Sehingga kadar gula darah tidak langsung meningkat tajam.

“Bila kadar gula darah tinggi maka tubuh akan mengeluarkan hormon insulin untuk menurunkan kadar gula yang tinggi tersebut. Akibatnya, gula darah akan mengalami fluktuasi. Rasa lapar pun cepat timbul, badan terasa lemas,” tuturnya.

Selain itu, ungkap Francisca, lauk pada saat sahur usahakan bukanlah makanan yang diawetkan, karena biasanya mengandung garam dalam jumlah tinggi. Selain itu, konsumsilah sayuran serta buah. Buah dan sayur merupakan sumber serat, vitamin, mineral, serta antioksidan alami. Selain itu juga mengandung air.

Francisca menambahkan, supaya mengkonsumsi sejumlah air yang cukup. Kebutuhan air untuk untuk tubuh sekitar delapan gelas per hari. Kebutuhan ini sebaiknya dipenuhi dari semenjak buka sampai sahur. “Yang jelas usahakan tidak meniggalkan sahur, karena ini merupakan “modal” untuk simpanan energi memenuhi kegiatan sepanjang hari,” katanya. (rep/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...