Berita Dunia Islam Terdepan

AS Masukkan Komandan Ilyas Kashmiri Dalam Daftar “Teroris”nya

0 1

WASHINGTON (Arrahmah.com) – Departemen Keuangan AS telah menambahkan pemimpin Al-Qaeda dan kelompoknya yang berbasis di Pakistan ke dalam daftar “teroris” mereka.

Ilyas Kashmiri ditetapkan pada Selasa (17/8/2010) sebagai seorang “teroris” di bawah perintah eksekutif 13224.  Harkat-ul-Jihad-al-Islami (HUJI), kelompok yang dipimpinnya yang berbasis di Pakistan juga masuk ke dalam organisasi “teroris” menurut AS.  Kashmiri adalah komandan operasional HUJI, sementara Qari Saifullah akhtar adalah pemimpin spiritual kelompok tersebut.

Penetapan ini mungkin akan diikuti dengan pembekuan aset Kashmiri dan HUJI, mencegahnya menggunakan lembaga keuangan dan menuntutnya karena terlibat aktivitas “teroris”.

Kashmiri telah melakukan berbagai serangan di Afghanistan, Pakistan dan India.

“Kashmiri telah mendukung serangan terhadap personli militer Pakistan dan fasilitasnya termasuk serangan pada 2009 lalu terhadap kantori Intelijen Pakistan (ISI) dan kepolisian Pakistan di Lahore,” ujar statemen Departemen Keuangan AS.

Ia juga berusaha untuk melakukan serangan di Amerika Serikat dan Denmark.

Kashmiri diyakini berhubungan erat dengan Taliban Pakistan, termasuk dengan jaringan Haqqani.  Kamp pelatihannya di Miranshah dikelola di wilayah yang dikuasai oleh Siraj Haqqani.

“Sejak 2001, Kashmiri telah memimpin kamp-kamp pelatihan HUJI yang khusus dalam operasi ‘teroris’, taktik militer dan operasi lintas perbatasan, termasuk pusat pelatihan ‘militan’ di Miranshah, Waziristan Utara,” tambah statemen itu.

Meskipun tidak disebutkan dalam press rilis bahwa Komandan Kashmiri juga terhubung dengan al-Qaeda Brigade 313 dan pembentukan Lashkar al-Zil, sebuah website yang terkait dengan Brigade 313 muncil di internet dalam dua bulan terakhir.

Semoga Allah senantiasa melindunginya, amin.  (haninmazaya/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...