Berita Dunia Islam Terdepan

Alhamdulillah Hilal Terlihat, Marhaban Ya Ramadhan!

0 2

JAKARTA (Arrahmah.com) – Alhamdulillah, hilal terlihat di dua lokasi. Hal ini sebagaimana dinyatakan oleh Tim Hisab dan Rukyatul Hilal dari PWNU, MUI, dan Depag. Dengan demikian, awal puasa bulan Ramadhan 1431 H jatuh pada hari Rabu (11/8/2010). Marhaban Ya Ramadhan!

Terlihat di Pantai Gili dan Bukit Condrodipo

Dua titik lokasi terlihat hilal adalah di Pantai Gili, Probolinggo, Jawa Timur, dan Bukit Condro, Gresik, Jawa Timur. Hal ini sebagaimana disampaikan oleh Tim hisab dan rukyatul hilal dari PWNU, MUI dan Depag, pada hari ini, Selasa (10/8/2010)

Dengan demikian, awal puasa bulan ramadan 1431 H jatuh pada hari Rabu (11/8/2010).

 “Dari 11 titik daerah di Jatim tim hisab dan rukyat melihat hilal di 2 titik. Yakni Pantai Gili Probolinggo dan Bukit Condro Gresik,” kata Ketua Lembaga Falaqiah NU Jatim, Abd Salam Nawawi, Selasa (10/8/2010).

Dia menambahkan, laporan yang masuk tim dari Pantai Gili-Probolinggo melaporkan jika melihat rukyat sekitar pukul 17.32 WIB dan tim di Bukit Condro-Gresik melaporkan pukul 17.46 WIB.

“Tim di Probolinggo sebanyak 100 orang itu menyeberang ke laut. Sedangkan di Gresik berjumlah belasan orang,” jelas Abd Salam.

Sementara di beberapa titik lainnya, kata dia, terhalang mendung dan hujan. Jika di Pantai Paseban Kencong-Jember dan Pantai Srau-Pacitan gagal melihat hilal karena mendung, Pantai Gebang-Bangkalan terhalang karena hujan deras turun dan Pantai Serang-Blitar juga gagal melihat hilal karena tertutup awan.

Hilal Juga Terlihat Di Cilincing

Sementara itu, ikhwan dari Misi Islam juga telah melihat hilal di Cilincing petang ini. Dengan demikian, sebagaimana pesan berantai via sms ini menghimbau umat Islam untuk memulai puasa Ramadhan pada esok hari, tanggal 11 Agustus 2010.

Marhaban Ya Ramadhan. Ramadhan Mubarak. Selamat menunaikan ibadah puasa Ramadhan 1431 H.

(M Fachry/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...