Berita Dunia Islam Terdepan

Pakistan dan Afghanistan, Prioritas Utama Amerika Serikat

0 0

WASHINGTON (Arrahmah.com) – Departemen luar negeri Amerika Serikat terus mengencangkan kerja samanya dengan Pakistan dan Afghanistan sebagai salah satu prioritas utama kebijakan luar negeri Amerika, Dawn melaporkan pada Sabtu (7/8/2010).

Dalam sebuah surat keputusan yang diumumkan di Washington, deplu AS mengidentifikasikan peperangan di Afghansitan dan Irak, konflik di Timur Tengah, terorisme, proliferasi nuklir, resesi ekonomi, perubahan iklim, kelaparan, penyakit pandemik, dan jaringan kriminal transnasional merupakan tantangan besar yang harus dihadapi oleh Amerika Serikat.

“Agenda kebijakan luar negeri Amerika Serikat memang sangat ambisius, namun ini sangatlah mendesak,” diungkapkan deplu dalam pernyataannya, sambil menekankan dalam dokumen tersebut bahwa semua itu “mengancam stabilitas dan kemajuan global”.

“Pakistan dan Afghanistan hanya negara yang masuk dalam daftar panduan strategis Amerika Serikat di masa yang akan datang.”

Deplu AS pun menyatakan bahwa aktivitas ‘terorisme’ yang terorganisir di Pakistan telah mempertegang hubungan Islamabad dengan New Delhi. Meskipun AS sangat mengapresiasi peningkatan upaya pemerintah Pakistan dalam menangani isu sentral yang dijadikan alat politik AS di berbagai negeri kaum muslimin ini. (althaf/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...