Berita Dunia Islam Terdepan

Tandzhim Al-Qaeda Pakistan Rilis Situs Baru

0 1

PAKISTAN (Arrahmah.com) – Perang propaganda di dunia maya menjadi salah satu perhatian serius bagi tandzim jihad Al-Qaeda. Setelah As-Shahab, sayap media resmi Al-Qaeda yang berbasis di Afghanistan dan Pakistan, kini mereka kembali memunculkan sebuah situs dari salah satu sayap militer mereka di Pakistan dengan nama Al-Qaeda Brigade 313.

Sebuah website yang terhubung dengan sayap militer Al-Qaeda di Pakistan telah muncul di Internet dalam satu bulan terakhir. Situs ini, disebut Al-Qaeda Brigade 313, www.aqbrigade313.com, telah terdaftar pada tanggal 2 Juni 2010, dan menjadi aktif pada awal Juli.

Situs ini memiliki 86 pengguna terdaftar dan lima administrator, menurut laporan di Pusat Open Source yang diperoleh oleh The Long War Journal. Website ini berisi forum dan blog, dan link posting untuk propaganda Taliban, termasuk pernyataan dari pembom Times Square yang gagal, Faisal Shahzad.

Beberapa pihak berwenang, termasuk pejabat intelijen Amerika Serikat dan seorang ahli dibidang website pejuang Islam, yang semuanya meminta namanya tetap dirahasiakan, mengatakan bahwa situs Al-Qaeda Brigade 313 tampak sah dan kemungkinan langsung berhubungan dengan Al-Qaeda.

Halaman arahan Brigade 313 website memiliki kata-kata “Al-Qaeda Brigade 313” di tengah, sementara teks yang menjelaskan Harkat-ul-Jihad-al-Islami, Lashkar-e-Jhangvi, Jundallah, dan Gerakan Taliban di Pakistan menempati empat sudut halaman.

Setelah masuk di dalam Al-Qaeda Brigade 313, sebuah banner muncul dengan gambar pemimpin Al Qaeda yang telah gugur, asy-syahid (Insha Allah) Mustafa Abu Yazid dan ideolog Abu Yahya al-Libi di sebelah kiri, dan sebuah gambar dari Ilyas Kashmir di paling kanan (lihat banner di bawah]. Yazid adalah pemimpin Al Qaeda di Khurasan, yang meliputi Pakistan dan Afghanistan, sebelum ia gugur dalam serangan Predator AS di Waziristan Utara pada Mei 2010.

Brigade 313 adalah organisasi militer Al-Qaeda di Pakistan, dan terdiri dari Taliban dan sekutunya dari kelompok jihad lain. Anggota dari Laskhar-e-Jhangvi, Harkat-ul-Jihad-al-Islami, Lashkar-e-Taiba, Jaish-e-Mohammed, Jundallah (kelompok terkait Al-qaeda, yang berbasis di Karachi), dan beberapa kelompok-kelompok  pejuang Islam Pakistan yang diketahui telah bergabung dengan Al-Qaeda di Pakistan, dan kelompok yang beroperasi di bawah nama Brigade 313. Kelompok ini saling terkait dengan Taliban Pakistan dan juga merekrut anggota-anggota senior dari militer dan agen intelijen Pakistan, kata seorang pejabat senior intelijen Amerika Serikat kepada The Long War Journal.

Brigade 313 telah berada dibalik banyak serangan dan pengeboman pejabat tingkat tinggi di Pakistan, termasuk upaya pembunuhan ganda terhadap mantan Presiden Pervez Musharraf dan Perdana Menteri Gilani. Unit ini juga telah terlibat dalam sejumlah serangan terhadap militer Pakistan dan agen intelijen, termasuk penyerangan dan pengepungan Markas Umum Pusat Angkatan Darat di Rawalpindi pada Desember 2009.

Brigade 313 dipimpin oleh Ilyas Kashmir, yang juga pemimpin dari lashkar al-Zil atau Tentara Bayangan, organisasi militer Al Qaeda di sepanjang perbatasan Afghanistan-Pakistan. Ilyas Kashmir diduga merencanakan dan memimpin beberapa serangan kelompok pejuang Islam paling canggih di medan perang Afghanistan-Pakistan. Dia juga terlibat dalam rencana serangan bom jihad yang gagal, yang dilakukan oleh Najibullah Zazi pada 2009 di kereta bawah tanah New York City.

Lashkar al-Zil juga dikenal dengan Jaish al-Usrah, atau Tentara Pelindung. Lashkar Al-Zil mengoperasikan enam brigade di daerah perbatasan Afghanistan-Pakistan, termasuk Brigade 055, formasi militer asli Al Qaeda, yang diciptakan pada masa pemerintahan Taliban pada 1990-an. Abu Laith al Libi adalah pemimpin Brigade 055, formasi militer Al-Qaeda yang berbasis di Afghanistan, sebelum ia tewas dalam serangan udara pesawat tanpa awak predator di Waziristan Utara pada bulan Januari 2008.

Laskhar Al-Zil juga diduga mengoperasikan formasi lain di Somalia dan Yaman. Amerika Serikat juga telah menewaskan komandan Lashkar Al-Zil sebelumnya, Abdullah Said al Libi, selama serangan udara pesawat tanpa awak, predator di Waziristan Utara pada bulan Desember 2009.

Brigade 313 sendiri dinamai dari jumlah sahabat yang berperang bersama Nabi Muhammad Shalallahu Alaihi Wassalam selama Pertempuran Badar. (voi/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...