Mujahidin Afghan Ucapkan Selamat Atas Penarikan Pasukan Belanda Dari Afghanistan

0 6

URUZGAN (Arrahmah.com) – Hampir 2.000 tentara Belanda disebarkan di wilayah Uruzgan, dimana Mujahidin Imarah Islam Afghanistan (IIA) bergerak aktif.  Otoritas Belanda telah memutuskan untuk memulangkan seluruh pasukannya dari Afghanistan.

Kontingen terakhir sebanyak 250 tentara akan dipulangkan pada Minggu (1/8/2010), setelah militan lokal yang dibayar oleh AS mulai berpartisipasi dan bersekutu dengan NATO di wilayah tersebut.

Qari Yousuf Ahmadi, jubir IIA berbicara kepada harian Volksrant bahwa ke depannya, negara-negara lain mesti mengikuti keberanian Belanda.

“Kami memberikan ucapan selamat dengan sepenuh hati untuk penduduk dan pemerintah Belanda yang telah tegas mengambil keputusan seperti ini,” ujarnya.

“Kami harap negara lain yang menyebar tentara di Afghanistan akan mengikuti Belanda dan menarik pasukan mereka.”

Pada bulan Februari, mayoritas suara anggota koalisi menolak untuk mendukung permintaan NATO memperpanjang kerjasama hingga Agustus 2011.

Menurut penghitungan NATO, sekitar 24 tentara Belanda tewas dan 140 terluka selama empat tahun di Afghanistan.  AS dan Australia akan mengambil alih peran Belanda mulai 1 Agustus mendatang. (haninmazaya/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...

Leave A Reply

Your email address will not be published.