Berita Dunia Islam Terdepan

Operasi Militer Mujahidin Al-Shabaab, Somalia

0 1

MOGADISHU (Arrahmah.com) – Berikut ini adalah ringkasan operasi militer Mujahidin Al-Shabaab, Somalia dari tanggal 20 hingga 24 April yang baru dirilis.

Wilayah : Kota Baledweyne, provinsi Hiran :

Administrasi Islam di provinsi Hiran telah memajang sebuah kendaraan wagon dan tiga orang militan musuh yang mereka dapatkan dari kota Grui’eel di provinsi Galgaduud.  Ketiga militan ditangkap setelah melakukan pertempuran sengit melawan mujahidin Al-Shabaab, mereka bersenjata lengkap.  Ketiganya mengklaim merupakan pengawal Mohamed Eefoow, seorang pemimpin senior organisasi politheis (musyrik).  Administrasi Islam menawarkan pengampunan kepada mereka jika mereka mau bertobat.

Distrik Hodon, Mogadishu :

Sebuah bom remot kontrol yang ditanam di sebuah jalan utama oleh batalion IED Al-Shabaab, berhasil meledak dan membunuh banyak tentara dari rejim boneka ketika mereka melakukan patroli diantara bekas pos pemeriksaan dan akademi militer Jale Siyad di distrik Hodon, Mogadishu.

Ledakan yang terjadi sangat besar dan terjadi ketika beberapa tentara melakukan patroli berjalan kaki juga beberapa lainnya menggunakan kendaraan wagon, sejauh ini dilaporkan sekitar 8 tentara boneka tewas dan sekitar 4 terluka.  Korban luka termasuk diantaranya Komandan Qatatow.  Setelah insiden ini, tentara boneka mulai melancarkan tembakan ke berbagai arah yang menyebabkan kecelakaan di kalangan sipil.

Kota Al-Dheer, provinsi Ghalgaduud :

Mujahidin Al-Shabaab mengambil alih penuh kontrol atas kota El-Dheer setelah melakukan pertempuran melawan tentara musuh yang akhirnya mundur dan melarikan diri.  Mujahidin memasuki kota dan mengibarkan bendera tauhid tinggi-tinggi, mereka meneriakkan Takbir dan Tahmid selama melakukan konvoy.  Mujahidin merampas 4 kendaraan wagon satu diantaranya berisi stok senjata.

Ini memperluas wilayah kontrol Mujahidin Al-Shabaab, kota El-Dheer, desa Gal’ad dan Masagawaa di provinsi Ghalguduud telah berada di bawah kontrol Mujahidin.

Jurubicara Harakah Shabaab al-Mujahidin, Sheikh Ali Rage menyeru kepada Muslim yang hidup di provinsi Ghalguduud untuk mendukung dan bergabung dengan Mujahidin.

Al-Shabaab yang telah mendirikan lebih dari 10 administrasi Islam di berbagai wilayah di Somalia, menyeru Muslim di Galgaduud untuk bekerjasama dengan Mujahidin memerangi militan musyrik.

Sheikh Ali Dhere juga mengatakan bahwa Mujahidin akan membebaskan desa-desa dan kota lainnya di provinsi ghalguduud yang masih berada di bawah kontrol militan musyrik, atas ijin Allah Mujahidin akan segera menegakkan Islam di seluruh wilayah di Somalia.

Desa burtu’le, provinsi Ghalguduud :

Mujahidin mengalami kesuksesan dalam sebuah pertempuran melawan militan musyrik di sebuah jalan yang menghubungkan kota El-Dheer dan Masagawaa.

Banyak dari militan musyrik tewas dan beberapa lainnya melarikan diri keluar dari kota tersebut.  Mujahidin merampas kendaraan militer yang berisi penuh amunisi.  6 jenazah musuh masih terbaring di lokasi pertempuran.  Mujahidin kembali ke basis mereka di Masagawaa dengan ghonimah mereka. (haninmazaya/tum/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...