Berita Dunia Islam Terdepan

ABC News Rilis Video Pelatihan Abdulmutallab Oleh Al-Qaeda Yaman

0 4

SANAA (Arrahmah.com) – Senin (26/4), portal berita, ABC News merilis video yang menampilkan proses pelatihan tersangka pengeboman pesawat Delta Airlines tahun lalu, Umar Faruq Abdulmutallab oleh Al-Qaeda di Yaman.

Video tersebut juga menampilkan  pria 23 tahun kelahiran Nigeria tersebut saat berpidato dalam bahasa Arab tentang serangan yang akan datang. Ia sempat membaca beberapa ayat Al-Qur’an dan berkata, “Firman Allah mereka yang memerangi kalian, harus diperangi.”

Menanggapi video tersebut, seorang pejabat intelijen Amerika mengatakan, ia baru menduga kalau orang yang berada di dalam video tersebut barangkali memang Abdulmutallab, sedangkan proses latihan yang ditampilkan menurutnya sejalan dengan pemerikasaan terhadapnya selama ini. Tapi karena video tersebut tidak menyebutkan secara jelas tempat dan tanggal pembuatannya, maka ia mengingatkan seluruh pihak untuk berhati-hati, karena video tersebut menyangkut permasalahan yang peka.

Menurut ABC News, video tersebut diproduksi oleh Al-Qaeda Semenanjung Arab, atau sering disingkat AQAP. Dalam video tersebut, Abdulmutallab terlihat sedang berlatih menembak sasaran berupa gambar bintang David (lambang Yahudi) dan sebuah gambar berlabel “PBB.”

Abdulmutallab dalam aksi sesungguhnya mencoba menggunakan bom yang tersembunyi di celana dalamnya untuk meledakkan pesawat Delta Airlines dalam penerbangannya ke Detroit tepat pada liburan hari Natal tahun lalu. Tapi aksi tersebut belum terlaksana dan Abdulmutallab langsung ditahan untuk pemeriksan lebih lanjut. (muslimdaily/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...