Berita Dunia Islam Terdepan

Perang Habis-Habisan Pakistan Itu Ternyata Dianggap Tidak Berharga

0 1

KABUL (Arrahmah.com) – Sejumlah pejabat tinggi Afghanistan yakin operasi ofensif militer Pakistan yang selama ini memakan banyak rakyatnya sendiri di perbatasan hanya usaha yang tak seberapa untuk memerangi terorisme.

Abdul Qayyum Katawazy, gubernur provinsi Paktika yang berbatasan dengan Waziristan Utara dan Selatan, mengatakan pada hari Rabu (14/4) bahwa militer Pakistan tidak ingin memerangi ‘militan’ yang melawan pemerintah Afghan dan tentara koalisi internasional.

Mengenai operasi militer yang selama ini secara brutal dilakukan Pakistan di daerah perbatasan, Katawazy menambahkan bahwa “Mereka tidak efektif untuk Afghanistan. Pihak militer Pakistan memerangi orang-orang Taliban yang melawan pemerintahannya sendiri (Pakistan).”

Komandan militer Afghanistan di provinsi Khost, Brigadir Jenderal Mohammad Asrar Aqdas, juga mencatat hanya sedikit manfaat yang dia lihat dari operasi tersebut.

“Kami masih belum merasakan efek positif dari operasi ini. Operasi ini tidak dilakukan di semua Waziristan dan semua kamp ‘pemberontak’,” kata Aqdas dikutip The News.

Tahun lalu, dengan gagah Islamabad memulai serangkaian serangan “untuk memerangi Taliban dari daerah kesukuan.”

Mayor Jenderal Curtis Scaparrotti, Panglima ISAF NATO di Afghanistan timur mengapresiasi kampanye militer Islamabad. Namun dia menyatakan bahwa serangan itu menyebabkan masuknya banyak ‘militan’ ke Afghanistan. (althaf/ptv/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...