Berita Dunia Islam Terdepan

Lagi, Janji Klise AS Untuk Menutup Guantanamo Secepatnya

0 1

WASHINGTON (Arrahmah.com) – Jaksa Agung AS Eric Holder mengatakan pada hari Rabu (14/4) Amerika Serikat bermaksud untuk menutup fasilitas penjara Guantanamo secepat mungkin.

Menjawab pertanyaan dari anggota-anggota Komite Senat di Mahkamah, Holder mengatakan pemerintah akan “menutup Guantanamo secepat mungkin yang kami bisa lakukan.”

Dia mengatakan upaya telah dilakukan sehubungan dengan pengaturan tahanan yang dipenjara di fasilitas penyiksaan AS di Teluk Guantanamo itu. Holder pun mengklaim bahwa penutupan ini merupakan “tujuan sepenuhnya administrasi Obama.”

Ia mencatat masih ada “dukungan yang terpecah atas gagasan penutupan fasilitas penahanan Guantanamo,” dan ia mendesak dukungan Kongres untuk mendanai pengadaan fasilitas lain untuk menempatkan tahanan yang tidak dapat dipulangkan.

Presiden AS Barack Obama berjanji akan menutup fasilitas kontroversial di pangkalan angkatan laut Amerika Serikat di Kuba tenggara pada 22 Januari 2010. Namun semua itu hanya janji semata. Obama berdalih penutupan itu terhambat karena sejumlah alasan politis dan pertimbangan lainnya. (althaf/xnh/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...