Berita Dunia Islam Terdepan

Software Pembaca Pikiran Dipamerkan di AS

0 1

WASHINGTON (Arrahmah.com) – Membaca fikiran mungkin tidak lagi menjadi domain dari paranormal dan peramal nasib, karena sekarang komputer juga dapat melakukannya.

Software yang menggunakan scan otak untuk menentukan apa yang sedang difikirkan orang-orang merupakan salah satu inovasi teknologi yang dipamerkan oleh Intel Corp.

Perangkat lunak itu menganalisis fungsional scan MRI untuk menentukan bagian mana dari otak yang diaktifkan jika sedang berpikir. Dalam tes, software itu bisa menebak dengan akurasi 90 persen dari dua kata yang sedang difikirkan seseorang, kata peneliti Intel Labs Dean Pomerleau.

Pada akhirnya, teknologi ini akan bisa membantu penyandang cacat fisik berat untuk berkomunikasi. Dan Pomerleau melihatnya sebagai langkah awal menuju teknologi yang mampu dikendalikan dengan pikiran kita.

“Visinya adalah tukar informasi ke perangkat dan pada orang lain tanpa perangkat perantara,” katanya.

Sistem ini bekerja terbaik ketika seseorang pertama kali discan sambil memikirkan berbagaia macam hal.

Ketika pengujian, perangkat lunak menggunakan hasil sebelumnya sebagai acuan untuk menentukan apa yang dipikirkan orang.

Perangkat lunak ini bekerja dengan menganalisis atribut berbagi kata yang berbeda. Misalnya, orang yang berpikir beruang menggunakan bagian yang sama dari otak yang menyala saat dia memikirkan anak anjing berbulu atau sesuatu yang lain.

Seseorang memikirkan beruang juga menunjukkan aktivitas di amigdala, lokasi untuk respons melawan atau terbang. (ini/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...