Berita Dunia Islam Terdepan

ARRMY Kunjungi Eramuslim.com ; Tumbuhkan Jurnalis Muslim!

0 4

Jakarta (Arrahmah.com) – Kamis, 8 April 2010, ARRMY (Arrahmah Community) bertandang ke kantor media Islam, eramuslim.com. Kunjungan ini adalah lanjutan dan sesi akhir dari rangkaian acara Pelatihan dan Workshop Singkat Jurnalistik yang diselenggarakan oleh ARRMY dengan tema “Be A Good Moslem Journalist”. Tidak kurang 18 peserta ikhwan dan akhwat berdiskusi santai dan bertanya kepada jajaran redaksi tentang kiprah eramuslim.com.

Sinergitas Media Islam

Sudah seharusnya media-media Islam bersinergi untuk lebih menguatkan mereka di kancah dunia berita dan informasi yang semakin canggih. Selain itu, perlu ditumbuhkan tunas-tunas muda untuk melanjutkan estafet tugas mulia jurnalis-jurnalis muslim. Hal inilah yang melahirkan Pelatihan dan Workshop Singkat Jurnalistik oleh ARRMY (Ar Rahmah Community), yang salah satu mata acaranya adalah kunjungan ke kantor media Islam, eramuslim.com, Kamis, 8 April 2010.

Sebelumnya, pada hari Jum’at dan Sabtu kemarin, yaitu tanggal 2 dan 3 April 2010, telah berlangsung secara sukses Pelatihan dan Workshop Singkat Jurnalistik oleh Arrahmah Community. Dengan mengambil tema “Be A Good Moslem Journalist”, acara ini diharapkan mampu melahirkan jurnalis-jurnalis muslim yang tangguh dan ideologis dalam media maya (internet).

Sebagai sesi akhir dari pelatihan tersebut, diadakan kunjungan ke kantor redaksi eramuslim.com dengan maksud untuk lebih mendalami dunia junalisme, khususnya dunia maya seperti eramuslim.com sekaligus sebagai ajang mempererat dan mensinergiskan diantara media-media Islam.

Jurnalis Islam Militan

Pertemuan yang dimulai pukul 10.00 wib ini dibuka oleh Ketua Panitia Acara dan kemudian diserahkan kepada pihak tuan rumah, yakni tim redaksi eramuslim.com. Turut sebagai pembicara adalah Sekertaris Redaksi eramuslim.com, Muhammad Nuh, dan dua orang dari bagian IT, yakni Aditya Nugroho dan Ahmad Furqon.

Banyak hal yang didapat dari kunjungan ini, mulai dari sejarah munculnya situs eramuslim.com, bagaimana bisa bertahan sampai saat ini (eksis kurang lebih selama 10 tahun), tentang keredaksian, mengelola media online, sampai suka-duka yang dirasakan redaksi dalam mengelola eramuslim.com.

Tak terasa waktu sudah menunjukkan pukul 12.00 wib, yang menandakan sudah masuk waktu Zhuhur. Kemudian acara dipending dengan sholat berjamaah dan rehat sejenak. Lalu acara dilanjutkan kembali hingga pukul 13.00 wib.

Tim redaksi eramuslim.com menyampaikan kepada calon calon jurnalis muslim, yakni milikilah -setidaknya- empat syarat berikut, yaitu : militan, idelisme, memiliki skill, dan konsistensi.

Semoga dari pelatihan yang diadakan ARRMY ini dapat melahirkan jurnalis-jurnalis muslim yang militan, memiliki idealisme Islam, memiliki skill yang mumpuni, dan keistiqomahan dalam berjuang. Amin.

[tegoeh al banna/arrahmah.com]

Baca artikel lainnya...