Berita Dunia Islam Terdepan

Pasukan Allah Swt., Membelah Bumi Aceh…?

0 6

Aceh kembali diguncang gempa hebat. BMKG (Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika) mencatat kekuatan gempa yang berpusat di Pulau Sinabang, NAD sebesar 7,2 SR. USGS (United States Geological Survey) mencatat kekuatan gempa sebesar 7,7 SR. Bagi orang beriman, tidak ada suatu kejadianpun kecuali atas kehendak Allah Swt., dan sepengetahuanNya. Apakah gempa Aceh ini petanda murka Allah Swt.?

Gempa Dirasakan Juga Di Medan Hingga Riau

Gempa yang terjadi di Provinsi Nangroe Aceh Darussaam pada Rabu (7/4/2010), pukul 05.15 subuh juga terasa hingga daerah pesisir Riau di Kota Dumai, Kabupaten Bengkalis dan Rokan Hilir.

Dari Medan juga dilaporkan guncangan gempa sangat terasa. warga tampak berhamburan ke luar rumah mereka ketika gempa yang berlangsung hingga sekitar dua-tiga menit itu terjadi.  Tamu-tamu di sejumlah hotel juga tampak berhamburan menyelamatkan diri, termasuk para tamu Hotel JW Marriot di Jalan Putri Hijau Medan.

Guncangan gempa ini juga menyebabkan kepanikan dari warga yang tinggal di Meulaboh-Aceh Barat, Lhokseumawe, dan Lhok Sukon-Aceh Utara. Hingga berita ini diturunkan, listrik di pantai timur hingga Banda Aceh masih padam.

Anita, seorang warga Bagan Siapi-api, Rikan Hilir, Riau, menuturkan :

“Saat sedang salat tadi, terasa rumah bergoyang. Tidak hanya saya yang merasakan karena kami langsung keluar rumah, tetangga banyak yang keluar rumah,”

Ia mengatakan, goyangan gempa itu terjadi beberapa saat dan cukup mengagetkan. Goyangan tidak hanya membuat badan sempoyongan tetapi juga beberapa peralatan rumah tangganya ikut bergetar meski tidak ada yang jatuh dari meja.  

Azab & Musibah Dari Allah Swt.

Manusia modern saat ini sangat yakin dapat mencegah atau minimal mengurangi bahaya yang terjadi akibat musibah-musibah di dunia ini. Namun, faktanya seluruh usaha yang telah dilakukan  untuk mencegah terjadinya bencana-bencana ini, tidak  bisa  mencegahnya, bahkan tidak juga bisa menghilangkan bahayanya.

Syekh Muhammad Rowi, seorang ulama dari Kairo, Mesir, mengatakan :

“Saya ingin mengingatkan, bahwa gempa dapat terjadi dimana saja. Maka itu adalah peringatan bagi seluruh makhluk agar mereka sadar bahwa bumi yang telah Allah jadikan sebagai tempat tinggal mereka tunduk terhadap perintah Allah.”

Badai, banjir, gempa, adalah termasuk pasukan Allah SWT. Yang dikirim kepada siapa saja yang Dia kehendaki. Bukan tidak mungkin, gempa Aceh yang terjadi kali ini adalah peringatan dari Allah, dimana Allah Swt., murka dengan tindakan bangsa ini yang menentang syariat dan membunuhi para pejuangnya. Bisa jadi Allah Swt., mengirimkan pasukannya berupa gempa ke Aceh, sebagai balasan.

Befikirlah Wahai Orang-Orang Beriman…!

Apa yang sebaiknya kita lakukan terhadap musibah gempa semacam ini ? Yang penting adalah mengambil pelajaran dari bencana-bencana ini. Setiap bencana yang terjadi bisa jadi itu merupakan peringatan bagi manusia bahwa mereka lemah dan tidak mampu menolak bencana seperti ini, atau mereka telah berjalan jauh menyimpang dari syari’at Allah. Lalu dengan bencana ini Allah ingin meluruskan kembali jalan manusia dan menjadikan mereka kembali pada-Nya. Wallahu’alam bis showab!

(M Fachry/berbagai sumber/arrahmah.com)

 

Baca artikel lainnya...